TERIMA KASIH SUDAH BERKENAN MASUK DAN MEMBACA, APALAGI JIKA KALIAN MEMBERIKAN KOMENTAR SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH. KALAU TIDAK SUKA TINGGAL DI CLOSE TAB KOK.

Anak Kos: Kamar Mandi

Namanya kuliah pagi, sebagian anak kos mengatakan itu adalah hal yang sangat apa ya… entahlah. Bangun pagi dan mandi pagi. Anak kos sejati mandi itu sehari sekali, pas sore aja maybe hahah. Apalagi pas liburan, udah tuh diem aja didalam kos an. Ditambah ada jaringan internet yang memadai. Udah deh itu surga dunia kwwkw. Aku sendiri kalau liburan dan kalau gak kemana-kemana ya gak mandi hwhahah. Sehari sekali aja cukup, itung-itung hemat air mengikuti program pemerintah.

Foto by: bahrul

Berhubung mandi itu butuh air, jadi mandi seenggaknya harus ada air yang tersedia. Yakali mandi gak pakek air, sabun gimana makeknya? Pipis sih mending ga pakek air ga masalah. Pup mau disiram pakek apa? Air kencing? atau pakek ludah. Ah sudah sudah ini jorok sekali asli wkwk.

Kamar mandi dikosanku kebetulan gak di dalam. Karena memang prinsip awal gak boleh keluar didalam karena itu bahaya. Dan kebetulan dikosku cuma ada dua kamar mandi. Letaknya dilantai atas dan dilantai bawah. Kosku diatas, otomatis aku pakek kamar mandi bawah, ya gak lah. Pakek atas. Kamar kos diatas ada 5 kamar, sementara dibawah ada 2. Jadi enak yang bawah ya, kamar bawah gak pernah rebutan. Tapi masih enak diatas kok, sampe aku gamau turun enak diatas. Dan kadang sih kalau urgent aku pakek yang bawah, kondisinya memang mengenaskan. Air di bak mandi banyak uget-uget. Tau ga sih uget-uget? Ituloh sejenis sosis yang digoreng.



Gatau kenapa kebanyakan aku dapat jam kuliah itu jam 7 pagi. Jadi mau gak mau pagi-pagi udah harus mandi. Tentunya tahu lah kondisi kota Malang yang dingin kalau dipagi hari. Apalagi kalau lagi musim maba, dingin banget. Melawan rasa malas bertemu dengan dinginnya air, sudah lebih dari cukup kalau aku rasakan jika dibandingkan dengan dinginnya sikapmu padaku. Etdah

Karena memang harus gantian, jadi aku harus punya inisiatif buat mandi sedini mungkin. tapi jangan sampai ejakulasi dini. Enghhhh, lupakan. Kalau gak gitu alamat dah ngampus gak mandi. Tapi untung selama ini aku gak pernah ngerasain ke kampus cuma cuci muka dan gosok gigi. Pengen sih coba, belum lengkap rasanya kalau gak pernah alamin itu ya. Mungkin besok.

Masalah yang aku hadapin dengan kamar mandi itu banyak sekali dari yang mulai antri, bak mandi airnya kosong, buang sampah sembarangan, sampai joroknya anak kos kalau pakek kamar mandi.

Kalau yang antri udah aku bahas ya yang tadi diatas, nah sekarang bahas bak mandi yang sering kosong. Ini nih malesnya kalau sama orang yang gak pengertian sama sekali. Dipikirnya yang makek dia doang, pas mandi dia gak isi bak mandinya. Udah gitu pasti cepet kotor kan, kenapa gitu? karena kalau airnya gak penuh pasti pas mau ambil air dia deket banget sama bak mandi. Ya sabun yang udah dia pakek dibadan otomatis jatuh ke bak mandi. Alhasil butek tuh air. Keruh, kotor, terkontaminasi segala jenis penyakit kulit. Kadas, kurap, panu, kaki pecah-pecah serta sariawan, makanya pake kalpanax. Zzzzz

Kan horror banget, ketularan penyakit kulit. Panu, gudik, dan masih banyak hal lainnya. Makanya usahain airnya penuh. Setidaknya kalau penuh kan hal-hal yang tidak diinginkan bisa ikut hanyut pas penuh bak mandinya.

Foto by: bahrul
Meskipun nih ya, mereka semua udah aku kasih tempelan di tembok yang sengaja aku print, masih aja sering bak mandinya kosong. Sampai akupun kalau mandi pasti bawa selang sendiri. Gak mau ambil resiko wkwkwk.

Foto by: bahrul

Salah satu masalah lagi tuh kamar mandi sering kotor, ada aja sampah. Kalau gak tisu, ya bekas bungkusnya sabun, odol, sampo bekas. Dan satu lagi, karena gak ada tempat buat nyuci piring dan segala perabotan makan lainnya, jadinya tuh nyampur sama kamar mandi. Sering juga dulu ada bekas nasi yang berserakan, kadang juga lombok, duri ikan, tusuk sate. Buset sumpah jorok banget. Tapi untung gak ada bekas pembalut. Kalau ada aku santet tuh orang.

Siapa yang bersihin? Seringnya sih aku, entah apa yang ada dibenak keempat anak kos lainnya melihat betapa joroknya ini kamar mandi. Makanya aku print pengumuman buat jaga kebersihan kamar mandi. Dan semenjak aku tempel lumayan lah bersih.

Gara-gara kamar mandi dipake untuk kepentingan bersama, dari buang hajat kecil hingga besar. Pagi-pagi kegiatan pertama yang dilakukan pasti pergi ke kamar mandi, ada yang urusan sama pembuangan, hingga cuma buat wudhu. Nah dari situlah aku bisa hafal siapa yang pake terakhir kamar mandi.

Ini serius, aku bisa hafal siapa yang pake kamar mandi. Hanya dari bau pesing air kencing. Plis ini jorok, mereka jorok. Kencing gak disiram bersih. Seriusan baunya pesing. Dan aku hafal ini air kencing siapa. Dari yang sengak sampai dengan baunya yang tidak terdefinisikan. Pasti kalau baunya pesing banget gitu aku sengajain pintunya aku buka lebar-lebar terus aku siram dengan air yang kenceng biar denger sekalian dan sadar kalau baunya sungguh mengganggu indra penciumanku. Dalam benakku aku sebenernya teriak “Woi pesing coeg, siram kek yang banyak. Air masih banyak woi !”


Ahsudahlah, namanya juga idup dengan banyak orang. Jadi mau tidak mau harus bisa ngertiin kebiasaan orang lain. Yang mungkin itu sangat mengganggu diri kita sendiri. Setidaknya sudah diingatkan, selebihnya itu tanggung jawab mereka. Kesadaran mereka untuk menghormati hak orang lain. 

11 Responses to "Anak Kos: Kamar Mandi"

  1. Gak enak emang Rul, kalok kamar mandinya sharing. Aku pernah ya dapet kosan kamar mandi luar. Pas mau mandi, itu bak aernya penuh busa gitu. Emosiiiii banget. -_-

    Btw, ngeles aja tu ngemat aer. Bilang aja males mandi! :p

    ReplyDelete
  2. Mandi? hanya untuk orang-orang yang gak pede. Haha.
    BTW, ada info kos gak men? Ku lagi nyari nih. :*

    ReplyDelete
  3. Ohh gad udah baca aja jijiknya bukan main gimna kalau udh ngalamin sendiri. Jujur gue tipe org yg plg ngk bisa mandi atau buang hajat di kamar mandi atau wc yg jorok. Apalagi klu smpe nyampur sama tmpt nyuci piring. Geli coeg! Pindah kost aja sekalian.

    ReplyDelete
  4. kalau aku sewaktu ngekos, malah kamar mandi di kos termasuk bersih, tapi kadang - kadang tamu dari teman - teman kos yang jorok, kalau penghuninya sih masih seneng bersih - bersih kamar mandi :((
    eh yang paling nyebelin tuh saat bersih rambut yang ada di lubang pembuangan air, ikh joroooook :D

    ReplyDelete
  5. Apalagi itu kos cowok ya?
    Oh kamu anak malang to, Salam kenal ya..

    Aku tau kok uget uget yang kamu maksud. Aku juga geli kalau gitu mah.
    Sampe bawa selang pribadi hahhaa

    ReplyDelete
  6. Gue bacanya sambil ngebaayangin lagi ada di dalam kamar mandi kosan lo. Sedi banget. :(

    ReplyDelete
  7. Hayoo ngapain yah di kamar mandi???

    Makanya dibikin jadwal kebersihan dong. Yang gak mau piket denda 10 ribu. Mayan kan kalo udah kumpul duitnya bisa buat makan-makan.

    ReplyDelete
  8. Pfffft ._. bener-bener kesel sih kalau kamar mandi buat barengan gitu, yaa pasti ada aja gitu yang nggak bertanggung jawab -_-

    ReplyDelete
  9. Buset, kok jorok amat ya. Terutama bagian sampah makanan :))
    Gue juga ngekost sih dan kamar mandinya di luar. Untungnya yang make kamar mandi rata-rata pada bersih :)

    ReplyDelete
  10. Horror amat dah :))) Semangat ya!

    -jevonlevin.com

    ReplyDelete
  11. itu NUGGET, astaga ._.

    gak enaknya ngekost ya gitu, kamar mandinya dipake berjamaah.
    itu aku geli banget bayangin ada nasi berserakan di kamar mandi, HIH!

    ke lakian kamu bakal dipertanyakan kalo kamu belum pernah ngalamin yang namanya berangkat ngampus nggak mandi,
    lha wong aku aja yang cewe oernah nggak mandi beberapa kali.
    ya karena situasinya urgent banget. air mati dan bangunnya kesiangan.
    ehe.

    ReplyDelete

Hanya ada beberapa syarat buat komentar :
1. No Sara
2. No Link Aktif
3. No-mor HP atau Pin BB juga boleh
Yang point ketiga exc cowo tidak dianjurkan