October 2016 - Bahrul.com

Monday, 17 October 2016

Anak Kos: Kamar Mandi

Namanya kuliah pagi, sebagian anak kos mengatakan itu adalah hal yang sangat apa ya… entahlah. Bangun pagi dan mandi pagi. Anak kos sejati mandi itu sehari sekali, pas sore aja maybe hahah. Apalagi pas liburan, udah tuh diem aja didalam kos an. Ditambah ada jaringan internet yang memadai. Udah deh itu surga dunia kwwkw. Aku sendiri kalau liburan dan kalau gak kemana-kemana ya gak mandi hwhahah. Sehari sekali aja cukup, itung-itung hemat air mengikuti program pemerintah.

Foto by: bahrul

Berhubung mandi itu butuh air, jadi mandi seenggaknya harus ada air yang tersedia. Yakali mandi gak pakek air, sabun gimana makeknya? Pipis sih mending ga pakek air ga masalah. Pup mau disiram pakek apa? Air kencing? atau pakek ludah. Ah sudah sudah ini jorok sekali asli wkwk.

Kamar mandi dikosanku kebetulan gak di dalam. Karena memang prinsip awal gak boleh keluar didalam karena itu bahaya. Dan kebetulan dikosku cuma ada dua kamar mandi. Letaknya dilantai atas dan dilantai bawah. Kosku diatas, otomatis aku pakek kamar mandi bawah, ya gak lah. Pakek atas. Kamar kos diatas ada 5 kamar, sementara dibawah ada 2. Jadi enak yang bawah ya, kamar bawah gak pernah rebutan. Tapi masih enak diatas kok, sampe aku gamau turun enak diatas. Dan kadang sih kalau urgent aku pakek yang bawah, kondisinya memang mengenaskan. Air di bak mandi banyak uget-uget. Tau ga sih uget-uget? Ituloh sejenis sosis yang digoreng.



Gatau kenapa kebanyakan aku dapat jam kuliah itu jam 7 pagi. Jadi mau gak mau pagi-pagi udah harus mandi. Tentunya tahu lah kondisi kota Malang yang dingin kalau dipagi hari. Apalagi kalau lagi musim maba, dingin banget. Melawan rasa malas bertemu dengan dinginnya air, sudah lebih dari cukup kalau aku rasakan jika dibandingkan dengan dinginnya sikapmu padaku. Etdah

Karena memang harus gantian, jadi aku harus punya inisiatif buat mandi sedini mungkin. tapi jangan sampai ejakulasi dini. Enghhhh, lupakan. Kalau gak gitu alamat dah ngampus gak mandi. Tapi untung selama ini aku gak pernah ngerasain ke kampus cuma cuci muka dan gosok gigi. Pengen sih coba, belum lengkap rasanya kalau gak pernah alamin itu ya. Mungkin besok.

Masalah yang aku hadapin dengan kamar mandi itu banyak sekali dari yang mulai antri, bak mandi airnya kosong, buang sampah sembarangan, sampai joroknya anak kos kalau pakek kamar mandi.

Kalau yang antri udah aku bahas ya yang tadi diatas, nah sekarang bahas bak mandi yang sering kosong. Ini nih malesnya kalau sama orang yang gak pengertian sama sekali. Dipikirnya yang makek dia doang, pas mandi dia gak isi bak mandinya. Udah gitu pasti cepet kotor kan, kenapa gitu? karena kalau airnya gak penuh pasti pas mau ambil air dia deket banget sama bak mandi. Ya sabun yang udah dia pakek dibadan otomatis jatuh ke bak mandi. Alhasil butek tuh air. Keruh, kotor, terkontaminasi segala jenis penyakit kulit. Kadas, kurap, panu, kaki pecah-pecah serta sariawan, makanya pake kalpanax. Zzzzz

Kan horror banget, ketularan penyakit kulit. Panu, gudik, dan masih banyak hal lainnya. Makanya usahain airnya penuh. Setidaknya kalau penuh kan hal-hal yang tidak diinginkan bisa ikut hanyut pas penuh bak mandinya.

Foto by: bahrul
Meskipun nih ya, mereka semua udah aku kasih tempelan di tembok yang sengaja aku print, masih aja sering bak mandinya kosong. Sampai akupun kalau mandi pasti bawa selang sendiri. Gak mau ambil resiko wkwkwk.

Foto by: bahrul

Salah satu masalah lagi tuh kamar mandi sering kotor, ada aja sampah. Kalau gak tisu, ya bekas bungkusnya sabun, odol, sampo bekas. Dan satu lagi, karena gak ada tempat buat nyuci piring dan segala perabotan makan lainnya, jadinya tuh nyampur sama kamar mandi. Sering juga dulu ada bekas nasi yang berserakan, kadang juga lombok, duri ikan, tusuk sate. Buset sumpah jorok banget. Tapi untung gak ada bekas pembalut. Kalau ada aku santet tuh orang.

Siapa yang bersihin? Seringnya sih aku, entah apa yang ada dibenak keempat anak kos lainnya melihat betapa joroknya ini kamar mandi. Makanya aku print pengumuman buat jaga kebersihan kamar mandi. Dan semenjak aku tempel lumayan lah bersih.

Gara-gara kamar mandi dipake untuk kepentingan bersama, dari buang hajat kecil hingga besar. Pagi-pagi kegiatan pertama yang dilakukan pasti pergi ke kamar mandi, ada yang urusan sama pembuangan, hingga cuma buat wudhu. Nah dari situlah aku bisa hafal siapa yang pake terakhir kamar mandi.

Ini serius, aku bisa hafal siapa yang pake kamar mandi. Hanya dari bau pesing air kencing. Plis ini jorok, mereka jorok. Kencing gak disiram bersih. Seriusan baunya pesing. Dan aku hafal ini air kencing siapa. Dari yang sengak sampai dengan baunya yang tidak terdefinisikan. Pasti kalau baunya pesing banget gitu aku sengajain pintunya aku buka lebar-lebar terus aku siram dengan air yang kenceng biar denger sekalian dan sadar kalau baunya sungguh mengganggu indra penciumanku. Dalam benakku aku sebenernya teriak “Woi pesing coeg, siram kek yang banyak. Air masih banyak woi !”


Ahsudahlah, namanya juga idup dengan banyak orang. Jadi mau tidak mau harus bisa ngertiin kebiasaan orang lain. Yang mungkin itu sangat mengganggu diri kita sendiri. Setidaknya sudah diingatkan, selebihnya itu tanggung jawab mereka. Kesadaran mereka untuk menghormati hak orang lain. 

Sunday, 9 October 2016

Anak Kos: Masalah Kesiangan

Menjadi anak kos, dukanya itu banyak sekali. Tidak sama seperti halnya kita ada di rumah sendiri, (red:rumah kita sendiri). Kalau dirumah bisa bebas mau ngapain aja, tapi yang gak bebas cuma kalau mau keluar malam gak bisa seenaknya. Apalagi keluar didalam juga gak bisa. Bukannya gak dibolehin sih kalau aku, cuma gak enak sama tetangga. Nanti dikiranya kemana kok udah larut malam baru pulang dari ngelayap. Tapi kembali lagi kalau kita ada dirumah bebas. Mau makan tinggal ambil, mau mandi tinggal mandi, mau tidur, ya tidur aja sih. Tapi entah kenapa semester ini rasa-rasanya susah sekali bisa tidur siang dengan tenang. Sekalipun itu ada waktu senggang pasti untuk memejamkan mata itu tidak bisa. Terbayang-bayang wajah sang dosen yang begitu absurd, apalagi waktu itu aku terngiang jelas suara bisikan dari dosen seperti ini “INI KAMU COPAS YA?” oh shit, kata-kata itu terngiang jelas dan terus mengganggu selama perjalanan pulang ke Tuban. Kebetulan waktu itu setelah konsultasi aku siangnya pulang ke rumah. Dan selama perjalanan itulah kata-kata tuh dosen kayak masih nempel. Kayak desahannya dia itu masih dideket kupingku, geli-geli gimana gitu. Kata-kata itu udah hampir sama kayak saat pacar bilang "KITA PUTUS, PACARAN HARAM" enggghh.

Foto by: Bahrul


Oke balik lagi ke dukanya menjadi anak kos.

Diruntut dari kejadian setelah bangun tidur aja deh ya biar enak. Kebetulan aku kos sekamar sendirian satu orang, biar enak kalau ada pacar masuk tinggal eksekusi. Eh kagak, kosku kos ramah lingkungan, tidak menimbulkan pencemaran nama baikku dan keluargaku. Nah pas bangun nih pasti yang dilihat Cuma ruangan dengan ukuran yang wajarnya kos-kos an sih 3x3 m atau 3x4 an lah ya. Udah gitu kalau kesiangan juga gak ada yang bangunin kalau gak inisiatif bikin alarm. Kalau dibandingin saat ada dirumah sih enak, kesiangan udah ada yang koar-koar pakek toa masjid buat bangun (red:emakku). Jadi masalah kesiangan sepertinya bisa diminimalisir, kecuali kalau orang tua kalian juga doyan tidur. Mungkin kecapekan semalam abis olahraga. Apalagi malam jumat, pasti capeknya luar biasa. Mereka mungkin memburu pahala sunnah rosul. Engghh

Dan untungnya sih selama ini masalah kesiangan itu jarang terjadi bahkan bisa dibilang gak pernah atau memang jaranglah ya, ah tau deh apa namanya yang penting lebih banyak gak nya dari pada iyanya. Terserah kalian katakan apa. Intinya aku kalau bangun suka kepagian. Dan itu dianggap gak biasa aja sih cowo bangun pagi-pagi. Aku kan cowo baik-baik dan taat pada Agama *kibasin rambut.
Kalau kalian yang punya masalah kesiangan dalam bangun pagi, bisa nih dicoba beberapa hal biar bisa terhindar dari masalah ini:
  1. Bikin alarm, aku rasa sih ini penting. Tapi jangan lupa dikondisikan handphone atau jam wekernya pastikan bersuara. Kalau di silent juga percuma tuh handphone, atau jam wekernya soak juga percuma. Gak bakal ada gunanya. Dipastikan juga batre handphone cukup buat sampe bisa bangunin kalian. Taunya pas malam batrenya low, ya alamat kesiangan.

    Hasil gambar untuk jam weker manchester
    Foto by: Google
  2. Tidur lebih dini, ini beda dengan pernikahan usia dini. Yang ini intinya biasakan untuk tidur dibawah jam 10 atau paling larut jam 11. Jadi kalian punya banyak waktu untuk istirahat dan kemungkinan besar bisa terbangun lebih awal. Tapi untungnya sih aku mau tidur jam berapapun, selalu deh jam 5 udah bangun, mentok juga setengah 6 paling telat bangun.
  3. Suruh bangunin pacar, gebetan, atau yang jomblo bisa minta bangunin temen kos sebelah. Sian amat, engghhh. Salah satu cara ini merupakan cara yang cukup untuk bikin repot orang lain. Tapi bisa dicoba, kan pasti lebih semangat kalau yang bangunin orang-orang yang kita sayang, note temen jangan disayang nanti dikiranya kelainan seksual. Kalau cewe sayang cowo gak masalah. Nah kalau kalian cowo dan temen yang bangunin cowo mau sayang-sayangan? Ya gpp sih sebenernya. Asal orang lain gak tauh. Enggghh.
  4. Biasakan bangun pagi sedari dulu banget, kenapa perlu dilakukan? Karena ada peribahasa entah ini darimana peribahasanya, entah Mesir, Iraq, Israel bahkan Jonggol yang mengatakan bahwa Bisa karena terbiasa. Jadi kayak aku sekarang ini aja, sedari kecil memang sudah terbiasa bangun pagi. Karena dalam keluargaku terbiasakan untuk melakukan kewajiban sholat subuh. Note, bukan biat pamer, tapi aku jelaskan.
Cukup empat point diatas aja, kalau ada punya cara lain ya gpp lakukan saja selama itu bisa mengatasi permasalahan kesiangan kalian. Ada sih cara lain, coba cari kos-kos an yang dekat dengan masjid yang memiliki pengeras suara dengan kekuatan yang keras suaranya itu diatas rata-rata. Kan lumayan tuh bikin telinga megar, setan pada ilang. Jadi bangunnya pasti subuh. Tapi itu tidak berlaku bagi kalian yang mempunyai masalah dengan telinga, dimana telinga terdapat curek, congek dan taek kuping. Atau bisa jadi telinga kalian dipakai tempat camping sama setan. Jadi mau sekeras apapun adzannya juga gak bakal kedengeran. Kan tendanya ditutup dibuat nginep setan.

Intinya jadi anak kos harus bisa mengkondisikan sesuatu hal sebaik mungkin. Karena disini kita jauh dari orang tua. Aku rasa memang Cuma mereka orang yang dengan sukarela memperdulikan kita, mau seburuk apapun itu kita, pasti mereka yang menjadi orang yang terdepan dalam barisan.

Nah pertama itu aja dulu, cerita selanjutnya di Anal Kos yang lainnya. Eh Anak, duh typo ~


Saturday, 8 October 2016

Cerita Anak Kos



Sudah hampir 3 tahun lebih aku mendapatkan gelar anak kos sebelum mendapatkan gelar sarjana. Kendati demikian, banyak sekali suka duka yang aku alami selama menjadi anak kos. Dari yang senang karena bebas kalau mau pulang malam sampai sedihnya kalau lagi kangen sama orang rumah, so bad adalah kangen sama adek yang baru saja aku miliki. Ngghhh, penyayang kan aku ? Sini sama aku.

Dengan basic aku ini laki-lai yang lama menjadi anak tunggal yang memang manja. Manja-manja nakal gimana gitu. Otomatis tidak akan terbiasa untuk pertama kalinya saat menjadi anak kos. Semua serba sendiri, dari makan, tidur atau hal lainnya. Yang dulunya semua pasti apa-apa itu “Ibu dan Ibu”. 


Sekarang sudah tidak bisa lagi aku melakukan hal itu. Semua harus atas kesadaran diri sendiri, gak ada makanan ya beli, baju kotor ya dicuci, meskipun ada laundry but aku lebih suka mencucinya sendiri. Note ya, kalau lagi gak males. Soalnya kenapa, karena laundry rata-rata asal-asalan kalau nyuci, yang penting wangi dan tersetrika rapi. Ditambah lagi sering banget ada kejadian yang gak mengenakan, dimana baju setelah laundry bukannya bagus tapi kembali dengan tragis. Kayak dulu flannelku banyak yang rusak gegaranya. Ada lagi baju badminton brudul bagian belakangnya. Mau komplain ? ah sudahlah, percuma debat dengan mereka.

Dulu sebelum ngekos, kalau mau apa-apa tinggal minta. Minta mentahannya misal, uang. Jadi gak bingung persediaan uang tinggal berapa. Kan yang megang orang tua. Nah sekarang uang yang megang aku sendiri. Dikasihnya berapa, yaudah segitu harus bisa atur sampai jatah bulanan kemudian bisa datang kembali. Pinter-pinternya kita sih atur pengeluaran selama menjadi anak kos, mau keluar didalam apa diluar. Parah lagi kalau kalian punya pacar, kalian udah mirip bapak keduanya pacar kalian. Harus memenuhi kebutuhan mereka haha. Jatah makan bisa dua kali lipat bahkan lebih. Tergantung kebiasaan kalian sih pacarannya dimana. Kalau kalian go green sih murah meriah, paling butuh alas koran sama anu dikit. Hahaha. Nah kalau kalian doyan pacaran di cafĂ©  yang elite bisa-bisa jatah bulanan abis dalam semalam. Cinta satu malam contohnya.

beberapa tempelan ditembok yang gak jelas tapi cukup lah

Ya sebenernya semua tergantung kalian. Kalian sudah dewasa, tau mana yang harus dilakukan dan tau kapan harus keluar didalam dan kapan harus diluar. Engggghhh.

Aku mau ceritain gimana rasanya awal menjadi anak kos. Kebetulan aku ngekos gak ada bareng dengan temen yang berasal dari satu daerahku, satu kampus, satu bapak bahkan satu kelas denganku. Gak ada. Jadi semua serba sendiri, mau makan ya cari sendiri makan depan kos banyak warung, mau jalan keluar ya gak bisa ngajak temen dikos an karena mereka semua menurutku sih anak kamaran. Kerjaannya didalam kamar, gak tahu ngapain mungkin lagi olahraga. Gak ada gitu yang mau nyamperin ke kamar-kamar mintain sumbangan. Eh bukan, tapi ngajakin ngobrol atau main kek. Kan bisa tuh depan kamar kos ada balkon jadi bisa duduk-duduk becengkrama untuk sekedar mengobrol mengenai konten dewasa, pernikahan misalnya. Pas malam pertama. Engghh

Jadi yang aku rasakan itu sepi banget. Untung masih ada jaringan internet sekarang dan televisi kecilku yang terbuat dari netbook. Eh tapi awal ngekos dulu masih belum ada wifi nya. Baru-baru aja semester 5 atau 2,5 tahun kemudian terpasang wifi dikosanku. Padahal kalau dari segi biaya cukup mahal lah kosku. Mungkin karena dekat dengan kampus jadi biayanya mahal. Jadi dulu sepi banget, Cuma ada televisi. Itupun televisinya yang ngeliatin aku, bukan aku yang ngeliatin dia. Jadi kalau aku lagi liat tv mungkin aku bisa liat-liatan sama dia terus jatuh cinta lalu menikah.

TV antikku dan alhamdulillah awet. cuma rusak di TV tunernya sih itupun baru semester ini

Tapi enaknya sih disini kamarnya dikit, jadi gak begitu rame bahkan terbilang sepi. Karena aku orangnya bukan tipe 36B. eh bukan, tapi bukan tipe orang yang suka dengan keramaian. Meskipun sepi tapi gak bisa loh ya buat masukin cewe kedalam kamar. Kalau ke kamar mandi kayaknya bisa.

Dideket kosku juga banyak orang jual makanan, jadi gak susah-susah pakek kendaraan buat cari makan apalagi pakek angkot. Tapi ya gitu, makananya makanan sejuta umat. Sebut saja dia “LALAPAN”.

Untung sih aku orangnya kalau makan simpel dan ga neko-neko. Yang penting gak seafood, gak pedes, gak mahal, gak bayar, dan jelas itu gak ada. Hahaha. Keseringannya sih emang beli lalapan, ya mau makan apalagi. Kalau gak ayam yang dibakar masa, ya digoreng. Kalau gak gitu tempe yang dipenyet, penyet pakek ketek penjualnya.

Kesimpulannya adalah kosku nyaman, dengan berbagai penjelasan yang sudah aku paparkan diatas. Makanya sampai detik terakhir, ebuset kayak lagunya Lyla. Aku gak pindah-pindah kos, ibu kosnya juga baik, bapak kos nya apalagi. Kumisnya itu loh, duhhh anuu. Tapi ya gitu, wifi kadang lelet. Connected tapi gak bisa connect internet. Kan bangke. Kadang juga air suka abis, jadinya gak mandi juga pernah seharian. Mau wudhu harus tayamum. Gak ada parkiran motor yang luas, ada sih tapi Cuma beberapa motor yang bisa masuk. Itupun dilorong kecil.

connceted but not connect

Agustus tahun depan sudah berakhir, semoga aku bisa lulus tepat waktu. Bahkan kalau bisa ikut wisuda gelombang pertama. Amiin. Doain aja ya, alhamdulillah semua keluh kesahku yang aku curahkan di postingan-postinganku yang sebelumnya sudah tersisihkan. Sekarang hanya tinggal menunggu skripsi, alhamdulillah kemarin rabu juga udah seminar proposal. Jadi abis ini tinggal penelitian. Yupssss, aku minta doanya aja yang terbaik untuk kedepannya.

Sedih pasti, bakal balik ke kota asal nantinya. Bakalan kangen sama bapak kos, kumis bapak kos, lalapan ayam, lalapan tempe, lalapan sepakbola, penjual pulsa yang cakep, tante laundry an. Dan masih banyak lagi yang gak bisa aku sebutin satu-satu. Piala ini untuk kalian. Engghh


Ada awal pasti ada akhir. Jadi sudah cukup sampai disini dulu, next masih ada cerita anak kos lainnya. Dahhh ~

Wednesday, 5 October 2016

Traveling ke Sulawesi dan Temukan Obyek Wisata Bahari yang Membuat Jatuh Hati

Ini bukan tulisanku, hanya sekedar pengalihan isu biar gak boring hehehe. So baca dulu ini.

Pesona alam Indonesia selalu bisa membius siapapun pengunjungnya. So, Anda sebagai bagian dari bangsa ini, apakah sudah merasakan bius pesonanya? Nah, jangan sampai dicap “tak mengenal” bangsa sendiri ya. Sebenarnya bukan itu poin pentingnya, melainkan kepuasan batin dan rasa syukur yang tak terbayarkan dengan apapun jika kita telah mengetahui keindahan alamnya. Merasakan kekayaan dan keunikan budayanya saat menginjakan kaki di wilayah dan daerah lain selain tempat tinggal Anda.

Next, bagaimana cara kita mendapatkan cara terbaik agar bisa mendapat kesempatan berkeliling Indonesia bahkan dengan menggunakan transportasi via udara? Maraknya penawaran berbagai maskapai saat ini juga menambah referensi Anda lebih jeli memilihnya. Pilihlah fasilitas terbaik dengan harga yang ramah di kantong Anda. Ada banyak maskapai yang menyediakan fasilitas tersebut, di antaranya Garuda Indonesia, AirAsia, Batik Air, Sriwijaya dan masih banyak lagi.

Garuda Indonesia sendiri memiliki pilihan jenis harga tiket, mulai dari promo, bisnis dan eksekutif.  Bahkan saat ini pilihan tiket Garuda kelas bisnis juga menyediakan fasilitas jempolan. Anda bisa bersantai di atas kursi pesawat yang dilengkapi dengan layar sentuh LCD, selain itu juga tersedia power supply laptop. Dan untuk rute domestic jarak dekat, lebih dari 2 jam perjalanan akan diberi bonus berupa makanan panas yang siap mengisi perut Anda. So, tidak ada salahnya mengetahui lebih detail info menariknya demi kenyamanan perjalanan Anda.

Setelah mendapatkan tiket sesuai kebutuhan dan keinginan Anda, segera saja isi itinerary wisata Anda dengan beberapa spot wisata menarik yang ada di Sulawesi ini. Mengunjungi pulau dan daerah tersembunyi sepertinya tengah menjadi trend saat ini.  Bukan mengenai faktor kekinian yang menjadi fokusnya. Mendapatkan pengalaman baru sangatlah perlu!

Anda akan lebih mendapat wawasan dan pengalaman seru dengan mengenal lingkungan yang lebih luas, belajar budaya dan seni yang belum pernah Anda ketahui. Mengunjungi negeri sendiri tentunya punya kesan dan “rasa” tersendiri yang lebih mengena di hati.
Makassar adalah salah satu daerah dengan destinasi wisata yang mengagumkan di Sulawesi. Tak hanya seni dan budaya setempatnya, namun keragaman dan keindahan alamnya akan membuat Anda makin jatuh hati.  Berikut ini beberapa pilihan obyek wisata bahari yang selalu dikagumi:


Losari

Pantai Losari selalu dicari! Siapapun yang mendatangi kota yang terkenal dengan coto Makassar ini memang menghadirkan keindahan panorama alam yang cukup mengagumkan terutama saat senja dan fajar tiba. Pantai Losari cukup berbeda dari kebanyakan pantai yang ada di Indonesia.

 Sumber: flickr.com

Anda tidak akan menemui pasir putih di bibir pantainya karena sebagian wilayahnya telah dibangun dengan lapisan beton dan semen. Beragam permainan juga bisa Anda coba lho, seperti halnya banana boat, juga sepeda air.

Pulau Kodingareng Keke

Berjarak sekitar 14 km dari Kota Makassar, pulau ini dikenal sebagai pulau yang cukup sunyi dan jarang dikunjungi. Namun pesona laut dan kekayaan alam di dalamnya akan membuat Anda selalu ingin mencoba menikmati keindahan biota laut yang ada di dalamnya. Pulau ini pilihan tepat, khususnya bagi Anda pecinta snorkeling. Tak hanya itu saja, Anda juga akan menjumpai air laut yang unik karena memiliki gradasi warna seperti biru muda, hingga biru tua.

 Sumber: planet.qwords.com

Mengunjungi pulau ini berarti Anda siap untuk merasakan sensasi petualangan karena fasilitas dan akses publik di pulau ini masih terbatas. Anda harus membawa bekal makanan dan semua kebutuhan yang diperlukan secara mandiri. 

Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira juga memiliki keindahan yang sama dengan pantai lainnya di Makassar ini. hanya saja keunikannya terletak pada pasir putihnya yang berstekstur halus, ditambah dengan kejernihan air lautnya yang memesona. Tak jauh berbeda dengan Pantai Losari, Pantai Tanjung Bira merupakan spot tepat untuk menikmati fajar dan matahari saat senja.

 Sumber: flickr.com

Tepat di hadapan pantai ini juga akan ditemui dua pulau tak berpenghuni bernama Liukang Loe dan juga Pulau Pulang Kambing.  Namun lokasinya sangat jauh dari pusat kota, yakni sekitar 200 km. Tentu membutuhkan persiapan untuk bisa mencapai lokasinya.

Taman Laut Taka Bonerate

Sebagai salah satu taman laut favorit di Makassar yang berada di Kepulauan Selayar, Taman Laut ini menyimpan keindahan alam berupa eragam biota laut dan juga terumbu karang yang masih terjaga kelestariannya. So, tempat ini selalu jadi spot utama aktivitas snorkeling, diving dan olahraga air lainnya  bagi kebanyakan wisatawan yang datang.


Hanya dengan tarif yang cukup terjangkau, yakni sekitar Rp25.000, Anda bisa menikmati pesona bawah laut Taka Bonerate sepuasnya. Sedangkan bila ingin menyewa keperluan menyelam, Anda diharuskan mengeluarkan biaya sekitar Rp250.000. Tentu jika Anda senang dengan aktivitas ini, semua budget pengeluaran sudah dipersiapkan dari jauh-jauh hari yang penting tidak menggunakannya secara berlebihan. Kesempatan tak datang dua kali, berani traveling, berani melakukan hal yang beda!