TERIMA KASIH SUDAH BERKENAN MASUK DAN MEMBACA, APALAGI JIKA KALIAN MEMBERIKAN KOMENTAR SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH. KALAU TIDAK SUKA TINGGAL DI CLOSE TAB KOK.

Belanja Online dengan BNI Debit




Kalau bicara mengenai dunia perbankan, saya sendiri mulai mengenal apa itu ATM, Transfer, Jual beli online baru saat aku duduk dikelas 3 SMA. Berhubung dulu saya punya pacar, dan dia dari keluarga yang berada. Jadi dia sudah punya ATM lebih dulu. Tentunya saya yang waktu itu masih awam dengan dunia perbankan bingung mau pilih bank yang mana. Karena pacar saya memakai BNI, akhirnya saya memilih BNI menjadi bank penyimpanan uang saya.

Terhitung sudah 3 tahun lebih saya memakai BNI. Kebetulan yang saya pakai adalah BNI Taplus muda. Sudah sering juga saya menggunakan BNI sebagai sarana jual beli. Mulai dari saya membeli barang sampai saya menjual barang.

Mengenai pembelian online dengan DEBIT BNI, saya seringnya menggunakan untuk pembelian aplikasi di smartphone. Dari smartphone saya yang pertama, si Android. Tidak ada kendala apapun.
Hanya saja debit card tidak bisa digunakan dengan langsung memasukan kode yang ada di ATM. Melainkan harus menggunakan vitur VCN. Nah VCN itu sendiri adalah kita request ke pihak bank meminta kode nomor dengan melakukan transaksi melalui SMS banking. Dengan format Req VCN (Jumlah nominal) yang diinginkan.

Misalkan saja saya dulu sering request untuk pembelian aplikasi di android dengan nominal angka sebesar Rp.100.000,- jadi saya melakukan request lewat handphone dengan mengetikkan “ REQ VCN 100000. Lalu kirim ke 3346.

Nantinya selang beberapa saat akan ada balasan dari 3346 yang isinya adalah memberi tahukan apakah setuju atau tidak menggunakan fasilitas VCN. Jika iya maka kita akan diminta untuk memasukkan kode pin sms banking kita. Kode standartnya sih kalau masih belum diganti itu 123456. Jadi nanti kita diminta untuk memasukkan kode ke sekian dan ke sekian. Misalnya saja kode ke 3 dan 4. Jadi yang kita masukkan adalah 34 lalu kirim ke 3346.

Tunggu beberapa saat lagi maka akan dapat balasan dari 3346 yang didalamnya berisi kode mastercard dan cvc nya.

Kita saat melakukan permintaan dengan mengirim pesan ke 3346 akan dikenakan biaya sms sebesar Rp.2000,- kebetulan yang saya pakai kartu indosat, kurang tahu kalau di provider lainnya apakah ada perbedaan tarif atau tidak.

Setelah itu langsung saja melakukan pembelian aplikasi. Nanti dengan sendiri saldo akan terpotong sesuai harga pembelian aplikasinya. Jangan takut kalau sampai uang di ATM bisa habis secara tiba-tiba. Karena pembeliannya hanya bisa sampai dengan jumlah nominal yang kita sudah minta di 3346 diawal request VCN.

Jadi misalkan kita meminta VCN dengan nominal Rp.100.000,- maka saldo untuk pembelian aplikasi di playstore hanya sampai Rp.100.000,- jadi tidak akan sampai melebihi nominal tersebut. Nantinya dengan sendirinya jika sudah melebihi nominal yang kita minta. Maka pembelian tidak bisa dilakukan. Seperti layaknya kita melakukan pengisian kuota internet, jika sudah habis maka tidak bisa lagi untuk kita mengakses internet.

Seperti itu cara yang saya lakukan misalkan ingin melakukan pembelian online menggunakan debit di Playstore. Dan selama ini pula tidak ada kendala apapun mengenai pembelian di playstore menggunakan debit BNI.

Beda lagi dengan pembelanjaan yang saya lakukan di Appstore yang berbasis iOS bagi Iphone. Untuk request dan lain-lainnya itu sama. Tapi yang membedakan adalah di iOS ada limit jumlah kode kartu kredit yang digunakan

Kebetulan Iphone memang smartphone yang kebanyakan kontennya itu berbayar. Dari lagu, aplikasi dan masih banyak hal lainnya.

Pikir saya kebijakan dari Playstore dan Appstore itu sama. Dimana kita bisa menggunakan kartu debit untuk melakukan pembelian. Dimana tidak harus menggunakan kartu kredit.

Kurang lebih saya melakukan request VCN selama 5-7 kali. Dan selama itu pula Iphone tidak ada kendala apapun dalam melakukan pembelian aplikasi dan lagu di appstore. Namun untuk yang kesekian kalinya akhirnya Appstore menolak kode VCN yang saya masukkan. Dengan alasan terlalu banyak kartu kredit yang saya masukkan. Dalam konteknya ini debit menjadi kredit jika kita menggunakan VCN. Lebih gampangnya VCN adalah pengganti kartu kredit untuk kartu debit.

Dari saat itu pula lah saya mulai krepotan melakukan pembelian aplikasi dan lagu-lagu di itunes. Otomatis saya sudah tidak bisa melakukan lagi pembelian karena akun saya sudah diblokir. Andai saja bisa melakukan perpanjangan dengan kode VCN yang sudah saya masukkan mungkin bisa untuk melakukan transakis pembelian aplikasi dan lagu di itunes.

Akan lebih baik jika kebijakan dari BNI seperti ini :
1.      Saat melakukan proses request kode VCN, tidak dikenakan tarif sms. Atau mungkin bisa untuk I-banking diaktifkan di smartphone. Sepengetahuan saya sih kemarin sudah tanya ke teller BNI, untuk I-banking masih belum launch untuk pengguna secara umum. Masih dalam kalangan pegawai BNI itu sendiri. Misalkan i-banking diaktifkan, kita tidak perlu lagi terpotong pulsa. Apalagi saya juga sering melakukan pengisian pulsa saat ada teman yang sangat membutuhkan. Tapi masih terpotong pulsa saat proses reuqest itu sendiri. Akan lebih susah lagi saat saya sendiri yang membutuhkan pulsa.Ingin membeli lewat sms banking juga terkendala dengan pulsa itu sendiri yang habis. Otomatis tidak bisa melakukan transaksi pengisian pulsa melalui sms banking.
2.      Andai saja kode VCN itu tetap ( tidak berubah-ubah ), jadi kita tidak perlu memasukan kode yang berbeda-beda secara terus menerus. Ya memang bagus sih untuk mencegah adanya pencurian atau penggunaan kode yang sama tersebut oleh orang lain. Tapi bagi pengguna Iphone ada batasan tersendiri maksimal penggunaan kode yang berbeda di appstore.
3.      Durasi mungkin bisa diperpanjang. Jadi tidak hanya 1x24 jam. Karena tidak selamanya pembelian dilakukan pada saat itu juga. Mungkin seminggu kemudian baru beli lagi. Jadi kita tidak harus setiap saat melakukan pembelian aplikasi kita harus request VCN. Selain terpotongnya pulsa setiap melakukan request, kita juga bisa-bisa terblokir akunnya seperti Iphone saya.

Semoga saran yang saya berikan diatas dapat dipertimbangkan untuk kedepannya. Atau mungkin BNI memiliki kebijakan lebih baik lagi dari apa yang telah saya sarankan. Dan saya masih berharap saya tidak dibanned oleh pihak Apple, supaya bisa melakukan pembelian dengan kartu debit saya.



20 Responses to "Belanja Online dengan BNI Debit"

  1. Baru semingguan ini aku pake BNI Taplus muda, lebih banyak fiturnya daripada yang dulu aku pake tahapan BCA Xpresi. Mantab dah. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kaka komikus apa kabar ? lama ga komen2an ya :D hahaha

      Delete
  2. Aduh BNI emang paling terbaik, deh, memudahkan para penggunanya. Aku sayang BNI~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya dong Dev :D Tapi kamu juga paling terbaik kok dihatiku :3 :v

      Delete
  3. Kirain ini ngiklan, ternyata bukan, ya? :/
    Aku juga pake BNI, tapi belum pernah sih pake BNI sms banking gitu. Lebih mudah, ya? Hmm.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bukan ngiklan --' tapi menceritakan sebuah kebenaran haha

      Delete
  4. enak ya kayanya pake BNI?
    Aku pakenya bRI, BCA, sama BTN karena buat jualan -___-
    takut ganti-ganti lagi...

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Iya bener banget tapi harus kita kasih masukkan sekiranya buat BNI lebih maju kedepan hehe

      Delete
  6. aku gak pakai bni, pakai bank lain, tapi buat belanja di minimarket pakai debit kok gak bisa ya ..aneh

    ReplyDelete
  7. Gue dari kecil udah diajarin buat nabung. Mangkanya gue gak asing sama dunia perbankan. Untuk saat ini sih gue makenya BCA, BRI sama Mandiri. Ketiga bank yang paling banyak di pake untuk transaksi di online shop :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie :3 maklum kluargaku gak orang berada jadi tau nabung di bank baru2 aja hahaha :D

      Delete
  8. Selamat atas kemenangan di lomba blog BNI debit online ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, iya terima kasih mbak. Mbaknya ikutan juga kah ? dan menang juga kah ? hehe

      Delete
  9. Selamat atas kemenangan di lomba blog BNI debit online ^_^

    ReplyDelete
  10. Kak cara diatas bisa dipake buat beli koin kan? Bisa dipake buat beli online di app?

    ReplyDelete

Hanya ada beberapa syarat buat komentar :
1. No Sara
2. No Link Aktif
3. No-mor HP atau Pin BB juga boleh
Yang point ketiga exc cowo tidak dianjurkan