November 2015 - Bahrul.com

Saturday, 21 November 2015

Belanja Online dengan BNI Debit




Kalau bicara mengenai dunia perbankan, saya sendiri mulai mengenal apa itu ATM, Transfer, Jual beli online baru saat aku duduk dikelas 3 SMA. Berhubung dulu saya punya pacar, dan dia dari keluarga yang berada. Jadi dia sudah punya ATM lebih dulu. Tentunya saya yang waktu itu masih awam dengan dunia perbankan bingung mau pilih bank yang mana. Karena pacar saya memakai BNI, akhirnya saya memilih BNI menjadi bank penyimpanan uang saya.

Terhitung sudah 3 tahun lebih saya memakai BNI. Kebetulan yang saya pakai adalah BNI Taplus muda. Sudah sering juga saya menggunakan BNI sebagai sarana jual beli. Mulai dari saya membeli barang sampai saya menjual barang.

Mengenai pembelian online dengan DEBIT BNI, saya seringnya menggunakan untuk pembelian aplikasi di smartphone. Dari smartphone saya yang pertama, si Android. Tidak ada kendala apapun.
Hanya saja debit card tidak bisa digunakan dengan langsung memasukan kode yang ada di ATM. Melainkan harus menggunakan vitur VCN. Nah VCN itu sendiri adalah kita request ke pihak bank meminta kode nomor dengan melakukan transaksi melalui SMS banking. Dengan format Req VCN (Jumlah nominal) yang diinginkan.

Misalkan saja saya dulu sering request untuk pembelian aplikasi di android dengan nominal angka sebesar Rp.100.000,- jadi saya melakukan request lewat handphone dengan mengetikkan “ REQ VCN 100000. Lalu kirim ke 3346.

Nantinya selang beberapa saat akan ada balasan dari 3346 yang isinya adalah memberi tahukan apakah setuju atau tidak menggunakan fasilitas VCN. Jika iya maka kita akan diminta untuk memasukkan kode pin sms banking kita. Kode standartnya sih kalau masih belum diganti itu 123456. Jadi nanti kita diminta untuk memasukkan kode ke sekian dan ke sekian. Misalnya saja kode ke 3 dan 4. Jadi yang kita masukkan adalah 34 lalu kirim ke 3346.

Tunggu beberapa saat lagi maka akan dapat balasan dari 3346 yang didalamnya berisi kode mastercard dan cvc nya.

Kita saat melakukan permintaan dengan mengirim pesan ke 3346 akan dikenakan biaya sms sebesar Rp.2000,- kebetulan yang saya pakai kartu indosat, kurang tahu kalau di provider lainnya apakah ada perbedaan tarif atau tidak.

Setelah itu langsung saja melakukan pembelian aplikasi. Nanti dengan sendiri saldo akan terpotong sesuai harga pembelian aplikasinya. Jangan takut kalau sampai uang di ATM bisa habis secara tiba-tiba. Karena pembeliannya hanya bisa sampai dengan jumlah nominal yang kita sudah minta di 3346 diawal request VCN.

Jadi misalkan kita meminta VCN dengan nominal Rp.100.000,- maka saldo untuk pembelian aplikasi di playstore hanya sampai Rp.100.000,- jadi tidak akan sampai melebihi nominal tersebut. Nantinya dengan sendirinya jika sudah melebihi nominal yang kita minta. Maka pembelian tidak bisa dilakukan. Seperti layaknya kita melakukan pengisian kuota internet, jika sudah habis maka tidak bisa lagi untuk kita mengakses internet.

Seperti itu cara yang saya lakukan misalkan ingin melakukan pembelian online menggunakan debit di Playstore. Dan selama ini pula tidak ada kendala apapun mengenai pembelian di playstore menggunakan debit BNI.

Beda lagi dengan pembelanjaan yang saya lakukan di Appstore yang berbasis iOS bagi Iphone. Untuk request dan lain-lainnya itu sama. Tapi yang membedakan adalah di iOS ada limit jumlah kode kartu kredit yang digunakan

Kebetulan Iphone memang smartphone yang kebanyakan kontennya itu berbayar. Dari lagu, aplikasi dan masih banyak hal lainnya.

Pikir saya kebijakan dari Playstore dan Appstore itu sama. Dimana kita bisa menggunakan kartu debit untuk melakukan pembelian. Dimana tidak harus menggunakan kartu kredit.

Kurang lebih saya melakukan request VCN selama 5-7 kali. Dan selama itu pula Iphone tidak ada kendala apapun dalam melakukan pembelian aplikasi dan lagu di appstore. Namun untuk yang kesekian kalinya akhirnya Appstore menolak kode VCN yang saya masukkan. Dengan alasan terlalu banyak kartu kredit yang saya masukkan. Dalam konteknya ini debit menjadi kredit jika kita menggunakan VCN. Lebih gampangnya VCN adalah pengganti kartu kredit untuk kartu debit.

Dari saat itu pula lah saya mulai krepotan melakukan pembelian aplikasi dan lagu-lagu di itunes. Otomatis saya sudah tidak bisa melakukan lagi pembelian karena akun saya sudah diblokir. Andai saja bisa melakukan perpanjangan dengan kode VCN yang sudah saya masukkan mungkin bisa untuk melakukan transakis pembelian aplikasi dan lagu di itunes.

Akan lebih baik jika kebijakan dari BNI seperti ini :
1.      Saat melakukan proses request kode VCN, tidak dikenakan tarif sms. Atau mungkin bisa untuk I-banking diaktifkan di smartphone. Sepengetahuan saya sih kemarin sudah tanya ke teller BNI, untuk I-banking masih belum launch untuk pengguna secara umum. Masih dalam kalangan pegawai BNI itu sendiri. Misalkan i-banking diaktifkan, kita tidak perlu lagi terpotong pulsa. Apalagi saya juga sering melakukan pengisian pulsa saat ada teman yang sangat membutuhkan. Tapi masih terpotong pulsa saat proses reuqest itu sendiri. Akan lebih susah lagi saat saya sendiri yang membutuhkan pulsa.Ingin membeli lewat sms banking juga terkendala dengan pulsa itu sendiri yang habis. Otomatis tidak bisa melakukan transaksi pengisian pulsa melalui sms banking.
2.      Andai saja kode VCN itu tetap ( tidak berubah-ubah ), jadi kita tidak perlu memasukan kode yang berbeda-beda secara terus menerus. Ya memang bagus sih untuk mencegah adanya pencurian atau penggunaan kode yang sama tersebut oleh orang lain. Tapi bagi pengguna Iphone ada batasan tersendiri maksimal penggunaan kode yang berbeda di appstore.
3.      Durasi mungkin bisa diperpanjang. Jadi tidak hanya 1x24 jam. Karena tidak selamanya pembelian dilakukan pada saat itu juga. Mungkin seminggu kemudian baru beli lagi. Jadi kita tidak harus setiap saat melakukan pembelian aplikasi kita harus request VCN. Selain terpotongnya pulsa setiap melakukan request, kita juga bisa-bisa terblokir akunnya seperti Iphone saya.

Semoga saran yang saya berikan diatas dapat dipertimbangkan untuk kedepannya. Atau mungkin BNI memiliki kebijakan lebih baik lagi dari apa yang telah saya sarankan. Dan saya masih berharap saya tidak dibanned oleh pihak Apple, supaya bisa melakukan pembelian dengan kartu debit saya.



Monday, 9 November 2015

Kumis Pemikat

Kalau cewe punya rambut dan buah dada yang jadi mahkotanya yang bisa dibanggakan. Nah ini cowo juga ada loh yang bisa dibanggain. Kumis tipis, jambang, dan sixpack. Dari tiga hal itu aku Cuma punya kumis tipis doang. Apalah aku ini

Jambang ? aku kira aku gak pantes pakek accecoris jambang di kanan kiri pipiku. Dengan kumis aja udah bisa bikin cewe kelepek kelepek kok. Nanti kalau ditambah jambang malah yang ada tuh cewe pingsan bahkan mati.


Tapi banyak kok sekarang cowo yang pengen punya jambang. Kan sekarang lagi musim potongan rambut klimis ala jaman-jaman klasikan gitu deh ya. Ditambah jambang kanan kiri emang cocok sih. Tapi ga semua orang cocok. Misalnya ibu-ibu pakek jambang dikanan kirinya, udah gitu pakek hijab. Dikira orang yang ngelihat “ah tuh ibuk kalau pakek hijab rambutnya keluar gitu sih”. Sementara saat dibuka hijabnya ternyata itu adalah jambang yang membandel seperti kuman dikamar mandi.

Kan gak lucu gitu ya emak-emak pakek jambang.

Contohnya lagi aku, malah lebih gak pantes lagi. Kenapa gitu ? ya secara aku sadar diri kalau badanku cungkring bingit gini. Dikasih jambang kanan kiri malah dikiranya jenglot. Bukannya bikin cewe makin kesemsem. Eh malah pada lari ketakutan takut kena santet.

Cocoknya sih sama cowo yang badannya berisi gitu. Apalah aku, makan udah banyak, susu nona juga udah diminum tapi tetep aja gak gemuk gemuk. Timbangan BB ya muter-muter doang diangka 52-55. Udah gitu aja bolak balik pas ng cek.


Sixpack ? apa testpack ?

Aku gak sixpack. Lebih tepatnya aku hanya untaian tulang yang tersusun rapi. Engghhh. Setiap cewe yang baru aku pacarin pas meluk aku dari belakang gitu pas naiik motor pada bilang gini
“Ih kurus amat, meluk kamu gak ada bedanya aku duduk dibelakangamu sama aku naik motor duduk didepan nyetir motornya”

Enggggggggggggggggggggggggggggg

Emang sih cowo sixpack gitu sexy kelihatannya. Badannya bagus gitu pada bentuk. Ototnya disana sini. Kalau di kekerin bisa tuh teteknya digerakkin kayak Ade Rai. Teteklu (cewe) bisa ga digerakkin ? kalau gak bisa sini aku yang gerakkin. Engghhh

Tapi ada kabar gembira nih ya buat kalian yang kurus kering keronta kayak aku. Bahwasannya ada kok cewe yang suka cowo kurus. Dan itu kamu mbak yang suka aku hahahha. Apa kabar ? sehat ? aku masih kurus loh wkwkwkkwkw



Terakhir nih kita ngomongin hal yang aku punya. KUMIS.

Dulu atas bibir ini masih bersih rapi gak ada rambut hitam seperti saat ini. Saat aku masih unyu kayak cabe baru tumbuh gitu. nah sekarang nih bulu udah makin panjang aja sih.

Sebenernya aku juga gak sengaja punya ini kumis. Gak ada niatan juga buat pelihara kumis. Tapi kenapa sampai saat ini kumis ini aku biarkan berkembang biak dengan senangnya diantara bibir dan hidungku?

Jawabannya :
Karena aku sampai sekarang gatau cara motong kumis.

Pakek gunting ? takut salah gunting. Nanti yang kegunting bulu idung, bahkan idungku yang pesek ini bisa-bisa terkikis juga salah-salah.

“Jangan dipotong kumisnya, biarin aja nanti kalau dipotong panjangnya ga rata”

Tuh kata ayahku yang sampe sekarang menjadi pedoman.

Mungkin secara tidak langsgung maksud ayahku kek gini

“Jangan dipotong kumisnya, biarin aja. Itu bisa buat bikin cewe nafsu ngelihatnya” engghhhhh

Ya kali ayahku mau transfer ke aku ilmu memikat wanita dengan kumis. Wkwkwkw

Sudah berapa kali cewe yang bilang “ KUMISMU BAGUS”

Ah sudah biasa dan gak kaget. *kibasin kumis yang abis dikeramas*



Sampe-sampe temenku Ryan sekarangan ikutan melihara kumis. dia mempercayai kata-kata “cowo berkumis itu gemesin” Ya kali lu gemes sama om-om berkumis. Makanya sampe lu gemes sendiri. Enak ya sama yang kumisan ? Pasti geli. Engghhh

Btw cewe suka kumis tipis yak bukannya yang kumis lebat gitu kayak alm. Pak Raden hehehe. Kan gak enak kalau kumisnya tebel pas ciuman jadi nyerawut ke mulut. wkwkwkw

Sebenernya relatif sih ya. Cewe kadang suka cowo jambangan, kumis, sixpack, maho. Enggghh
Ya namanya manusia pasti memiliki ukuran tertentu dalam penilaian apa yang dia suka bukan ? So dua kata ini sudah cukup buat kalian yang masih mau jadi orang lain agar orang lain menyukai dirimu


“KUN ANTA”

-jadilah dirimu sendiri-


Sumber gambar sebagian dari google.com

Saturday, 7 November 2015

Pacaran ? Hmm...

Pacaran, hmmm.


Kalau gak salah nih ya, seingetku aku pacaran mulai dari kelas 2 SMP. Kenapa gak mulai SD atau bahkan TK aku pacaran ?


Jawabannya “ Masih takut diaduin ke emak kalau aku pacaran “
Jaman TK, “Cie Ulum suka sama si Mawar”

Aku yang masih gak ngerti saat itu sih anggepnya Cuma becandaan anak kecil yang pipis masih dipeganging emak.

Jaman SD, “Bunga, dapat salam dari Ulum. Suratnya suruh balas katanya”


Padahal yang ngasih salam siapa dan yang kirim surat juga siapa. Itu semua ulah mereka-mereka anak jahil sekaligus teman masa kecilku.

Masih ingat dong ya jaman SD dulu. Oh ya btw aku kelahiran tahun 94. Jaman dimana gadget belum merampas masa kecilku. Saat surat menyurat adalah amunisi yang pas untuk menyatakan perasaan bahkan membicarakan kalau kita menyukai seseorang.

Sempet sih emang aku dulu nulis surat, terus nyurug temen yang ngirimin atau naruh dibawah kolong meja. Bahkan sampai dimasukin kedalam tasnya.

Pernah saat itu aku ulang tahun. Pas masih SD sih ya. Aku sendiri lupa itu ulang tahunku yang keberapa. Tiba-tiba aku dikasih tahu sama temen akrabnya orang yang memang aku suka. Sebut saja yang aku suka namanya Andre. Eh bukan, itu kan nama cowo. Sebut saja Putri deh ya biar gampang.
Nah si Putri punya temen namanya Citra. Nah si Citra ini ngasih tau ke aku kalau di tas aku ada kado dari Putri.

Yaudah pas itu aku pulang dijemput sama ayahku. Dan aku masih gak berani buka apa isi kadonya. Mau dibuka di atas motor juga susah. Kalau dibuka pas dikamar juga susah. Soalnya aku masih ga punya kamar. Dimana aku tidur masih dikelonin sama emak dan ayahku.

Terpaksa deh pulang-pulang aku langsung menuju tempat persembunyian yang tepat untuk membuka apa sih isi kado dari Putri. Kamar mandi, tempat yang aku tuju saat itu.

Jebret pret prot crottttttttttttt. Terbukalah kertas kado yang dibungkus cantik saat itu. Ada coklat silverq*en dan surat yang aku sendiri lupa isinya apaan. Berhubung buru-buru jadi aku simpan semuanya lagi di dalam tas. Dan tasnya aku simpan baik-baik agar tidak terjamah oleh emakku.

Seneng ? ya dong pasti. Ternyata perasaanku waktu itu tidak bertepuk sebelah tangan. Tapi entah kenapa saat itu tidak kepikiran gitu buat aku nembak dia. Bahkan mikirin bisa ciuman bibir sama dia aja enggak. Enngggghhhh

Dan kalian tau ? sampai detik ini aku nulis cerita nyata ini. Dia masih sendiri dan memang memiliki komitmen untuk tidak berpacaran hingga ada yang menghalalkannya. Luar biasa. Selain parasnya, ternyata akhlaknya juga cantik.

SMP, baru deh ya ini masa-masa dimana kalian udah mengalamin apa namanya masa pubertas. Dimana nafsu birahi sudah merasuki jiwa muda kalian ahahaha. Dimana yang cowo udah ngerasain gimana nikmatnya mimpi basah. Nikmat bukan ? *eh


Udah mulai berani coba-coba. Berani masuk kedalam zona “PACARAN”

Meskipun nih ya. Pacaran pertamaku itu kurang laki banget. Gimana enggak laki, orang aku nembak aja lewat sms. Wkwkwkw

Seriusan deh gak ada kesannya kalau kalian nembak cewe dari SMS, chat atau apalah. Karena masak iya pas udah jadi pacar ngomong langsung itu rasanya gak enak banget. Tiba-tiba aja udah jadian. Kurang lah kesannya kalau menurutku.

Dan pacar pertamaku bisa bertahan selama 1.5 tahun pas. Entah kenapa pas banget. Mungkin putusnya sudah direncakan sebelumnya. Nasib

Sampai sekarang masih belum bisa menembus rekor 1.5 tahun itu. Mentok dulu sama si ibu dokter Cuma setahun kurang. Itupun aku gatau kenapa bisa putus. Dan aku tau kamu sekarang membenciku dengan sangat bukan ? Gak papa, itu juga karena salahku.

Pacaranku ini bertahan sampai aku masuk di SMA yang sama di awal aku menjadi siswa baru. Saat itu juga kisah cintaku ini berakhir.

SMA. Semakin menjadi jadi. Dimana masa yang paling seru untuk mencari cinta. Secara saat itu aku jadi pengurus osis di SMA.


Kalau di FTV anak osis itu keren dan bakalan banyak digandungi siswa baru atau adik tingkat. Dan itu benar bro hahaha aku merasakan kenyataan di film dengan dunia nyata.

Pernah kejadian aku deketin cewe, eh si cewe udah kena sih tapi aku males macarin gara-gara temenku sekelas ada yang suka. Daripada temenan kita rusak mending aku gak macarin deh. Dan saat itu temenku sekelas yang lainnya bilang kek gini

“Udah jangan dipacarin, gak enak sama Akyas.”

Btw nih ya, Akyas itu nama temenku yang suka juga sama yang lagi aku deketin saat itu. Dan yang ngomong kek diatas itu namanya Dwi. Ngerti kan ?

Nah tiba-tiba nih setelah aku lost contact ada kali ya 2-3 mingguan. Denger kalau si cewe yang aku dan akyas suka itu jadian sama si Dwi.

Aku sih Cuma gak abis pikir, ini orang licik amat. Diam-diam nusuk. Dan aku sih biarin saja. Terbukti cinta mereka bertahan 2 tahun dan akhirnya ditinggal selingkuh tuh si Dwi nya wkwkkw. Kapan kapokmu le. Balasan datang sendiri, biar waktu yang mempermainkanmu wkwkw.


Ada juga cerita lainnya.

Sampai suatu ketika aku, dan kedua temanku satu kepengurusan osis berebut cewe. Sebenernya cewenya sih yang kegatelan. Dari yang godain aku, terus temen ku satunya dan kemudian temenku satunya lagi.

Ya begitulah masa SMA, nano nano. Kalau ingat ceritanya kadang suka ketawa sendiri sih aku. Apalagi kalau bahasnya udah aku, dan kedua temenku itu, ngakak gak kelar-kelar.
So nikmatin aja masa mudamu, pacaran boleh. Silahkan itu hak kalian dan jalan hidup kalian. But tetep dalam hal yang positip yak. Misalnya positip hamil. Eh


Tapi juga jangan lupa, nanti akan ada titik dimana kalian harus berfikir jauh kedepan tentang pasangan. Seperti halnya aku saat ini yang masih bergelut dengan jodohku yang masih sama orang lain. Sekarang hanya memantaskan diri saja. Semoga saja diberikan yang terbaik nantinya, gatau deh kapan itu. 

Sumber gambar