TERIMA KASIH SUDAH BERKENAN MASUK DAN MEMBACA, APALAGI JIKA KALIAN MEMBERIKAN KOMENTAR SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH. KALAU TIDAK SUKA TINGGAL DI CLOSE TAB KOK.

Tipe-Tipe Blogger

Pertanyaan pertama yang muncul dari otak gue, kapan pertama kalinya kalian mengenal internet ? terus kenalannya dimana ? dia cewe apa cowo ? baik gak ? jahat ? apa dia berkumis? Atau dia berjenggot ?.

Kalau gue sendiri kenal pertama sama internet itu saat gue lulus SD. Kronologisnya seperti yang ada dipostingan gue yang sebelum-sebelumnya.

Lalu kalian kapan sih pertama kali kenal blog ? SD, SMP apa SMA? Atau bahkan pas kuliah ?
Gue sih kalau untuk sekedar tahu ada blog itu SMP kelas 2. Tapi ya gitu, karena tidak adanya fasilitas untuk blogging. Menjadikan gue kurang minat. Karena dijaman saat itu, internet pun susah dijangkau. Kalau enggak dilab komputer sekolahan atau gak gitu di warnet baru bisa ketemu sama yang namanya internet.

Boro-boro nih ya ada sambungan internet dirumah. Komputer yang masih pentium 2 aja saat itu belum punya. Dan alhamdulillah sampai sekarang belum kesampekean punya komputer. Jadi gak mungkin bisa blogging (dulu).

Beda banget kan sama sekarang, blog udah bejibun. Dari blog yang bener-bener niat ngeblog, Blog Zombie, dan sampai yang Cuma sekedar buat terus ditinggalin begitu saja. Kasihan kan ya url blog yang seharusnya bisa digunakan oleh orang-orang yang bener-bener membutuhkan jadi bingung mencari URL yang tepat buat blognya.

Misal mau buat url blog gini

Bahrululum.blogspot.com

Karena udah ada yang makek tuh url jadinya gak bisa dipakai lagi. Padahal url diatas dipakai sama orang yang hanya sekedar ingin punya blog.

Nah, sekarang gue mau ngomongin tipe-tipe blogger yang ada untuk saat ini. Menurut gue. Jadi kalau ada perbedaan prinsip atau pandangan mengenai tipe-tipe blogger, mohon dimaklumi yak.
Oke langsung tunjek point aja.

Tipe-tipe blogger (menurut gue) :

1.      Blogger Aktif
Ini merupakan tipe blogger yang menurut gue keren abis. Dimana dia aktif ngeblog. Rajin mosting diblognya. meskipun isi blognya kadang gak mutu, ya kayak gue gini deh. Tapi setidaknya gue nyoba buat belajar nulis. Yang penting bukan postingan spam. No sara dan lainnya. Menurut gue nih ya, blogger sejati itu gak bakal ada postingan hasil copas. Kalau untuk sebagai referensi sih boleh, itu namanya mengutip dengan tidak melupakan sumber dari yang dia kutip. Jadi gue saranin kalian masuk tipe yang ini. Gak ada kata terlambat buat kalian kembali kejalan yang benar. Karena sesuatu yang benar menjauhkan kita dari keresahan. Hallah

2.      Blogger Abal-abal
Yang ini nih Cuma asal – asal an aja. Kalau gak gitu ya Cuma sekedar pengen. Awalnya menggebu-gebu buat ngisi blognya. Tapi itu mungkin bertahan hanya dalam tempo yang sesingkat-singkatnya. Hallah. Jadi bisa dibayangkan dia bikin blog bulan januari nih misalnya. Satu bulan dia aktif banget. Sampai-sampai blognya sehari 3-5 artikel. Bagus sih, tapi kalau hasil copas juga jangan. Mending nulis aja sesuka kalian, jelek gak masalah. Dibilang alay juga gak masalah. Yang penting masih lebih terhormat daripada seorang copas ! Kejadian yang sering gue dapetin dari temen-temen gue yang termasuk tipe blogger ini, kebanyakan pas ditanya blognya apaan. Pasti bilang LUPA.  Gak hanya lupa url blognya. Email dan passwordnya aja juga lupa. Ya begitulah.



3.      Blogger Aktif ( Tapi Copas)
Ini masih lebih baik daripada blogger abal-abal. Karena kalau blogger abal-abal tidak begitu merugikan orang lain. Palingan ya ada beberapa orang kesel kalau url yang di inginkan ternyata udah dipakek blogger abal-abal. Kalau blogger yang satu ini nih merugikan banget bagi orang lain. Bagus sih dia itu aktif ngeblog, tapi isinya itu hasil postingan orang lain. Jadi dia Cuma melakukan aktifitas didepan latop siklusnya gini

Gampang kan kalau kerjaan Cuma gitu doang ? iya banget. Sementara yang punya postingan asli dia mikir keras buat nulis terus dipublikasikan. Hmm cepet-cepetlah sadar kalau kalian termasuk tipe blogger yang kayak gini. Tapi gini, salah satu blogger ini bisa jadi dia masih enggak tau apa itu copas. Jadi dikiranya dia copas itu gak masalah dan tidak merugikan orang lain. Mungkin dia masih awam. Kenapa gue bilang gitu? Ya karena gue sendiri dulu pas awal ngeblog termasuk blogger yang satu ini. Setelah gue dapat layangan surat dari blogspot. Dimana saat itu ada tulisan didashboard blog gue Kalau salah satu postingan blog gue merupakan karya orang lain. Sejak saat itu gue sadar kalau postingan blog gue menyalahi aturan. Tapi gue tetep aja sering copas masihan wkwkw. Nah loh trs apa efeknya ?

Nah itu aja sih kalau menurut gue. Sekarang gue mau membicarakan blog sesuai dengan kepribadian masing-masing blogger.

1.      Blog adalah hobi
Kebanyakan blogger yang kayak gini gak terlalu memikirkan apa itu traffic pengunjung. Dia Cuma ngeblog dan ngeblog. Gak peduli template, pengunjung, responsive blog dan hal lainnya. Ada yang seperti itu. Tapi ada juga blogger yang tipe ini juga memperhatikan point-point yang udah gue jelasin diatas. Mungkin dia ingin mempunyai blog yang keren selain ngeblog dijadikin hobinya. Biar kalau ada yang membuka blognya ada yang bilang “Wah keren”. Yang satu ini bisa jadi isi blognya berbeda-beda antara orang satu dengan yang lainnya. Karena hobi orang pasti sudah berbeda-beda. Ada yang blognya isinya tentang mobil, sepatu, curhatannya, travelling. Dan masih banyak hal lainnya. Yang pasti keren-keren lah. Gak kayak gue yang absurd dan cenderung gak ada tujuan hahaha.
2.      Blog adalah pekerjaan
Banyak sekali dan sudah menjamur dikalangan blogger saat ini. Dimana dia menulis diblog dijadikan suatu pekerjaan. Bisa jadi sih sebagai pekerjaan sampingan. Memang gak ada salahnya sih, ini malah sangat bagus sekali. Karena siapa juga yang tidak mau menghasilkan pundi-pundi rupiah bahkan dolar. Dengan banyaknya website yang menyediakan jasa sebagai publisher iklan. Dari GOOGLE ADSENSE hingga Kliksaya.com. secara tidak langsung menimbulkan adanya persaingan antara blogger satu dengan yang lainnya.
Karena banyaknya orang yang pengen main google adsense nih ya, banyak dari mereka yang rela buat blog baru, email baru. Dan identitas baru. Ya itu gue tahu dari grup facebook tentang google adsense. Bahkan blog juga bisa diperjual belikan. Artikel pun bisa, pokoknya sekarang blog itu bukan ajang nulis aja, tapi ajang nyari duit.

Udah itu aja dulu. Bingung mau nambahin apa lagi. Hahaha

19 Responses to "Tipe-Tipe Blogger"

  1. Sebelum blog yang sekarang, dulu pernah bikin beberapa blog abal-abal yg akhirnya lupa password dan email. Bukan karena gak niat, tapi dulu itu labil banget, bikin satu url, kemudian hari kerasa gak pas, sampai terbengkalai karena banyak tugas kuliah. Tapi gak pernah nek ngopas punya orang. Yang sekarang cenderung ke blog penyalur isi hati *halah.. Mudah2an selalu bisa konsisten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cie yang curhat, apa pembelaan diri nih ? :D hgihiih

      Delete
  2. Kalo gue tipe blog labil kayaknya, kadang rajin banget kadang males nulis haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah sih, yang penting blogger ehhehe

      Delete
  3. hahaha.. berasa nostalgia gue baca artikel lo bro.. eh lo cowo kan ? berkumis kan ? dada lo bidang kan ?

    dulu gue blogger abal - abal, blog gue betebaran dimana2 tapi cuma nama doang.. sekarang Alhamdulillah gue tobat dan naik ke blogger aktif walau isinya ah sudahlah.. haha

    salam blogger bro.. mampir yee siapa tau dapet jodoh. loh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue berkumis bang dan gue cowok tapi sayang, dada gue ga bidang. tapi silinder

      Delete
  4. aku blogger abal-abal kayanya
    https://aksarasenandika.wordpress.com/2015/03/16/mencoba-move-on-dari-jenderal-soedirman/

    ReplyDelete
  5. jangly jangan punyaku aktif walo ceritanya ga mutu hahah, tapi aku lebih suka postingan yang sehari hari, semacam curcolan gitu

    ReplyDelete
  6. Kalo gue, tipe blogger yang konsisten. Konsisten 1 minggu, 1x update.

    ReplyDelete
  7. Ada jugak blogger yang spammer sama demennya nitip jemuran.. Hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu blogger yang kayak gimana ya -_-

      Delete
    2. Suka ngetik link urlnya sendiri di kotak komentar blogger laen :D

      Delete
  8. aku masuk yang mana ya..??? :D
    maunya sih blogger aktif :D

    ReplyDelete
  9. blogger itu memang macem-macem.kalau dilihat sesuai kepribadian kayaknya aku masuk tipe 2 "blog adalah pekerjaan" :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu :D Ya gpp sih mbak. Pilihan orang berbeda beda hehe

      Delete

Hanya ada beberapa syarat buat komentar :
1. No Sara
2. No Link Aktif
3. No-mor HP atau Pin BB juga boleh
Yang point ketiga exc cowo tidak dianjurkan