TERIMA KASIH SUDAH BERKENAN MASUK DAN MEMBACA, APALAGI JIKA KALIAN MEMBERIKAN KOMENTAR SAYA SANGAT BERTERIMA KASIH. KALAU TIDAK SUKA TINGGAL DI CLOSE TAB KOK.

Mainan Masa Kecil Tahun 1990 an

Gue kalau lagi sepi gini inget jaman-jaman dulu waktu gue kecil. Dimana masa kecil gue itu indah, itu menurut gue sih. Soalnya beda sama jaman sekarang udah pada jarang main sama temen sebayanya. Ya kalian tahu semua lah ya, anak sekarang main cukup dirumah didepan gadgetnya masing-masing udah bisa ngobrol. Tapi ya gitu, interaksinya kurang kalau menurut gue. 

Sekarang gue mau bahas mainan-mainan gue waktu kecil, ya kali aja disini ada yang sempet mainin mainan ini juga hihihi. Berarti kita seumuran lah ya, satu generasi. 90 an.

Dari mainan yang modern dulu yak, tapi meskipun modern. Untuk memainkannya juga butuh interaksi langsung dengan teman sebaya.

Dulu sih ada film kartun judulnya beyblade. Ini sih mainan modernnya dari Gangsing yang dari kayu itu. Inget gak ? Nanti deh dibawah gue kasih lihat. Jadi prinsipnya sama sih mainan ini. Gangsing berputar dan diadu. Dari yang cuma lama-lamaan muter sampe yang sengaja diadu. Ada juga yang samping lingkaran beyblade nya itu dikasih batu korek. Jadi kalau lagi geser satu sama lain bisa muncul percikan bunga api gitu. Biar efek sensasinya sama kayak di film kartun.



sumber

Selanjutnya ada juga nih mainan yang bernama Crush Gear. Dulu memang banyak sekali film kartun yang mainannya bisa dimainkan kita juga. Konsepnya sama sih sama beyblade. Cuma ini kalau di filmnya mobilnya saling dihancurkan. Lihat aja dari body nya udah dilengkapi dengan senjata penghancur. Dari yang bentuknya Gear, Pedang, Celurit. Emm yang terakhir itu gak ada ya sorry.

sumber
Ini yang dulu gue punya, selain itu mobil dari karakter kartun pertama gue juga punya. Tapi sekarang entah kemana. hohoh
sumber

Ini juga sama, mainan Tamiya. Dulu booming banget, sampe ada kompetesi balapannya juga di Indonesia. Gak main-main tingkatannya skala nasional juga ada. Hihihi. Bedanya sih kalau di Filmnya itu bentuknya keren-keren dengan penutup bodynya. Nah kalau yang ada dirumah gue udah pada protolan semua. Jadi cuma rangkanya dan dinamo + batre.


Ini Tamiya kesekian gue, dan gue dibeliin pas gue baru kelar sunat. Kira-kira itu gue masih kelas 3 SD. Dan ini termasuk tamiya gue yang paling kenceng. Gimana gak kenceng. Dinamonya aja asli Audi. Uda gitu lilitan dinamonya warnanya putih. Terus bannya juga besar. Jadi ya kenceng larinya.
sumber

Ini Tamiya gue yang paling pertama. Hadiah dari om gue sendiri, waktu itu. Sementara om gue sekarang udah punya anak. hahah jadi udah cukup lama banget ini tamiya. Dan masih ada dirumah gue. Berhubung gue lagi di Malang jadinya ga bisa gue ambil gambarnya langsung.
sumber
Hanya 3 itu sih yang gue punya dulu. Mungkin kalian punya yang lain ? Maklumlah gue bukan dari keluarga berada hihihi. Jadi buat beli mainan nunggu sunat dulu. Dan gue udah gamau sunat untuk kedua kalinya. Kasian.

Sekarang kita ngomongin beberapa mainan tradisional atau yang pasaran banget lah. Di penjual mainan yang keliling-keliling kesekolahan masih bisa kita dapetin, dulu.

Kalian inget ini mainan apa ? Bisa dibongkar pasang. Kalau gue dulu sih lebih sering buat menara yang tinggi. Kalau udah tinggi ditempelin tembok dibediriin. Kalau bosen tinggal runtuhin aja remes-remes juga udah copot sendiri. Haahhhh jadi kangen.

sumber

Ini kamera khusus buat kita anak kecil. Gantungin dileher dan gue jalan sana sini. Padahal yang dilihat filmnya ada ditangan gue sendiri. Dan kalian bisa beli filmnya doang. Misal mau ganti gambar lain karena sudah bosan. Kalau gue dulu seringnya gambar kota Mekkah, Ka'bah, Batu hajar aswad. Dan banyak lainnya.

sumber
 Ini mainan yang murah banget, dulu kalau gak salah harganya cuma 50 Perak. Dapat bahan buat jadiin balon dan sedotan warna kuning yang kira-kira panjangnya gak sampe 5 cm. Cara maininnya juga simpel banget. Tinggal taruh disedotan tuh bahannya yang lembek kayak ingus. Terus kalau gue nih ya di emut dikit, haahah katanya sih biar nempel sempurna disedotannya. Pas ditiup gak jatuh deh bahannya. Kalau udah jadi balon nih ya, besar banget gitu misal. Dimain-mainin ketas gitu dilempar. Kalau ada yang bocor langsung diemut balonnya dicium mesrah gitu. Kalau udah parah ya langsung aja tempelin ke muka salah satu teman yang terdekat diantara kita.

sumber


 Lumayan banyak juga sih dulu yang punya. Jadi mainan ini tinggal diremes-remes pompanya. Lalu bisa jalan deh tuh kudanya. Sayangnya kabel nya kurang panjang. Jadi cuma bisa beberapa centimeter doang. Kalau mau jauh ya kitanya ngikutin sambil ngerangkak dibelakangnya. Hhahah

sumber
 Murah nih mainan. Dulu juga mudah banget dapatinnya. Penjual mainan disekolahan pasti pada punya. Mainnya tinggal ditarik aja bendanya sama karet yang udah dijadiin landasannya. Susah jelasinnya. Tapi maininnya simpel :D


Ini namanya Yoyo. Tradisionalnya seperti ini. Dilengkapi dengan batu korek yang mirip di beyblade tadi. Ini juga ada loh bentuk modernyanya.



 Kayak gini nih. Kalau gak salah sih dulu ada juga film kartun yoyo. Makanya ada modern nya juga hihih

Image result for yoyo moder

hahaha pancing-pancingan ini gue inget banget. Ada magnetnya dimulut ikan dan di pancingnya kwkw.

 Ini pernah ? Diayunin keatas dan kebawah. Yang masih ngena banget dipiikiran gue, gue dulu pernah pas mainin ini kejedot pala gue sampe benjol sebesar bolanya itu. hmm


Ini juga ? padahal cuma keluar bunyinya doang. Tapi udah bisa dipakek main polisi-polisian. Gue paling cocok jadi penjahat . hmm





Dari busi motor :D biar bunyi di isi pakek pentolnya korek. Udah abis itu ditutup lubangnya pakek baut. Jadi kalau kena tekan akan terjadi percikan api. Karena ditutup pakek baut tadi menimbulkan tekanan. Jadinya berbunyi dah


Ini ? ahhaa
Image result for mainan gambaran jadul

Ini ingat ? Hayoo 
Image result for mainan gambaran jadul

Ini gangsingnya yang jadul yang terlupakan
Image result for gangsing


Sebenernya masih banyak banget tapi berhubung gue gak mungkin mengulas semuanya. Karena terdesak kesibukkan. Ceilehhh. Tapi mainan diatas yang menurut gue paling berkesan buat gue.


Ini bedanya mahasiswa sekarang dengan dulu. Ironi. Sorry OOT :D cuma mau share aja dapat dari facebook temen gue tadi.
Sumber gambar yang belum tercantum bisa dilihat di : https://www.google.com/search?q=kartu+gambar+kartun&rlz=1C1GTPM_enID608ID608&espv=2&biw=1364&bih=663&source=lnms&tbm=isch&sa=X&ei=CoYDVceaOIe8uATPhYLIAw&ved=0CAYQ_AUoAQ#tbm=isch&q=mainan+gambaran+jadul&imgdii=_&imgrc=0xpbjnDjj3d2AM%253A%3BBjV1XEt194jOlM%3Bhttps%253A%252F%252Fs2.bukalapak.com%252Fsystem%252Fimages%252F5%252F4%252F0%252F0%252F7%252F9%252F2%252Flarge%252F2460643_f6109966-200d-11e3-9fdf-81e24908a8c2.jpg%3Bhttps%253A%252F%252Fwww.bukalapak.com%252Fp%252Fhobi%252Fmainan%252Flain-lain-345%252F1g8ci-jual-mainan-jadul-pancingan-ikan%3B546%3B600

9 Responses to "Mainan Masa Kecil Tahun 1990 an"

  1. Hahaha jadi inget masa kecil bodoh gue dulu :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha.... anjirr kangen masa kecil. Bahagialah yang lahir di tahun segitu :D

    ReplyDelete
  3. Jadi nostalgia ke jaman-jaman indah itu...

    ReplyDelete
  4. tamagotchi gak ada ya gan.
    baca artikel ini ingat masa-masa SD xD

    ReplyDelete
  5. Kalok aku dulu mainnya Tamagochi.. :D

    ReplyDelete
  6. hahaha baca artkelnya jadi inget jaman dulu juga,dari beberapa mainan yang disebutkan di atas,lumayan banyak juga yang suka saya mainkan :D

    ReplyDelete
  7. Asli ngakak gan bacanya... hahaha jd ingat jaman dulu... anak angkatan 90'an memang yg paling seru.... beda jauh sm jaman sekarang...

    ReplyDelete
  8. Asli ngakak gan bacanya... hahaha jd ingat jaman dulu... anak angkatan 90'an memang yg paling seru.... beda jauh sm jaman sekarang...

    ReplyDelete

Hanya ada beberapa syarat buat komentar :
1. No Sara
2. No Link Aktif
3. No-mor HP atau Pin BB juga boleh
Yang point ketiga exc cowo tidak dianjurkan