November 2014 - Bahrul.com

Sunday, 30 November 2014

Welcome my month






Hallo, selamat malam waktu indonesia bagian aku nulis saat ini. Tepatnya abis isya deh. Kalian tahu kan ini malam terakhir dibulan november. Sebentar lagi, tinggal beberapa jam lagi kita akan berjumpa lagi dengan bulan desember. Yupss desember is everything for me. Kalau kalian baca tulisan absurdku yang sebelumnya pasti tau. Oke skip

Gak terasa juga tahun 2014 sudah akan berlalu begitu saja. Tinggal 1 bulan lagi udah mau tahun baru. Banyak sekali perubahan dari waaktu kewaktu ya. Mulai pergantian posisi kekuasaan yang kini ada dibawah pimpinan presiden jokowi. Pergantian usia, pergantia pacar, pergantian bentuk rupa dan hal sebagainya.

Berubah itu pasti. Entah lebih baik atau tidak, itu tidak bisa kita tebak. Hanya kita yang bisa mengarahkan, apakah suatu perubahan itu akan jadi lebih baik atau tidak. Sekarang ini aku sedang menempuh pendidikan dijenjang perkuliahan, sekarang sudah ada di semester 3. Entah kenapa, ini semester yang paling bikin aku cepat malas, bosan dengan perkuliahan. Apa sebabnya ? aku sama sekali belum bisa menemukan. Tapi untungnya aku masih punya rasa kasihan dan ingat dengan orang tua yang jauh ada dirumah sana membiayai kuliahku yang begitu mahalnya. Jadi aku gak boleh mengecewakan mereka.

Di semester ini juga mulai ada praktik. Tentunya praktik dibidang pemesinan. Kemarin praktik pertama itu mengenai dasar otomasi, dan hasilnya juga cukup memuaskan tidak terlalu mengecewakan juga sih. Untung praktiknya ini tidak memakan tenaga yang lebih, hanya memerlukan pikiran dan ketelitian.




Next, praktiknya adalah kerja bangku. Dimana aku harus melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan mesin harus dilakukan dengan manual atau secara tradisional alias dengan keterampilan tangan kita sendiri. Seperti contohnya membuat Baut, Mur dan Toolbox. Berat sih awalnya, harus mengikir benda yang tebalnya 1 cm. Itu lama loh, dan membutuhkan tenaga extra. Salah salah kalau gak kuat kalian bisa pingsan *alay*.

Tapi benar, kalau yang tidak pernah melakukan akan merasakan kelelahan yang luar biasa. Setelahnya nanti saat kalian bangun tidur baru akan merasakan betapa sakitnya sisa mengikir kemarin. Hahah dan aku sudah merasakannya.

Akhirnya selesai juga sih, pertama membuat toolbox dan dilanjutkan membuat baut dan mur. Hasilnya cukup lah. Untuk orang lulusan SMA seperti aku itu sudah cukup kalau dibandingkan anak SMK yang sudah pernah mendapatkan mata kuliah seperti ini.

Well tahun ini mau habis. Waktunya tutup buku dan melakukan perubahan baru untuk kehidupan lebih baik.


Welcome december J I hope more and more !

Saturday, 29 November 2014

Hello December (my month)


Yuhu sebentar lagi Desember, bulan dimana aku dilahirkan. Bulan dimana dia memiliki posisi di paling akhir. Sih anak bungsu. Bulan dimana memiliki banyak kebahagiaan. Pastinya bahagia karena itu bulan kelahiranku, dilain hal juga dimana di bulan itu perkuliahan akan berakhir di semester ini. Yuhuuu liburan broohh. Sudah terlalu penat tiap hari ketemu dosen, dengerin dosen dongeng, dipertemukan juga dengan tugas yang seambrek ambrek, mana deadlinenya mepet banget. Fyuhhhh .. ternyata kuliah itu berat broh, gak segampang dan seasyik yang kalian lihat di sinetron maupun di FTV. Atau film bokep *lupakan

Tahun ini aku genap berusia 20 tahun. Yeyyeye \m/. Dan kalian tahu ? ini umur sudah tua ternyata. Umur semakin mendekati saatnya entah kapan itu aku juga gak tahu. Banyak sekali keinginan yang akan aku lakukan di umur aku yang ke 20 nantinya. Dimana umur yang sudah bisa dikatakan umur yang gak muda lagi. Bukan lagi anak SD yang ngrengek ngrengek minta beli ini dan itu. Bukan lagi anak SMP yang sekolah dengan celana yang sedengkul. Atau bahkan anak SMA yang celananya dijadiin pencil. Oke itu semua masa lalu yang berharga bukan ?

Sekarang aku udah kuliah udah duduk disemester 3. Sudah hampir setengah jalan buat makek toga di kepala bukan ? rasanya sungguh ingin cepat-cepat aku lulus. Aku kerja dan aku membahagiakan orang tuaku dengan jerih payah dan cucuran keringatku. Bagaimana ? indah bukan kalau kita sudah melakukan hal itu ? baru dibayangkan saja sudah indah. Semoga tidak ada batu terjal yang menghalangi niat baikku itu. Sudah pernah juga aku ceritakan diedisi yang sebelumnya *ceileh. Cita citaku setelah lulus S1.

20 tahun lalu aku dilahirkan, tepatnya 20 desember 1994. Lahir dikota perantauan didaerah Tangerang. Orang tua yang hanya lulusan SMP dan SMA, terpaksa pergi ke kota untuk mencari penghidupan baru. Kalau denger cerita hidup orang tuaku rasanya air mata ini sudah menggantung di kantung mata. Sudahlah, aku bangga memiliki orang tua seperti mereka. Mungkin dengan kekurangan yang mereka miliki bukan suatu penghambat untuk bahagia bukan ? Karena aku percaya, untuk bahagia itu sangat sangat sederhana.

Terima kasih Ayah, terima kasih Ibu. Doakan aku, supaya bisa sukses. Aku selalu berdoa semoga engkau berdua diberikan umur panjang untuk bisa melihat aku. Aku yang sukses dan bisa bahagiakan kalian. Terima kasih. J

Monday, 24 November 2014

Internet dan hal lainnya (jaman dulu)



Kalau inget jaman dulu terkadang aku ketawa sendiri. Melihat masa-masa dulu yang kalau ada di posisi aku yang sekarang, dulu itu aku norak sekali. Ya, banyak sekali hal yang aku lakukan yang sebenarnya itu sangat norak kalau menurut aku sekarang ini. Tapi dulu hal yang sekarang dianggap norak sudah tidak ada. Dulu hampir semua orang melakukan hal norak itu. Apa saja sih ? banyak banget pastinya. Kalau aku sebutin sama aja aku mengumbar aibku sendiri wkwkkw. Dan itu jangan lah ya, tapi aku mau cerita sedikit tentang hal-hal yang sekarang sudah menjadi hal umum. Kalau dulu hal ini dianggap hal yang mewah dan tidak semua orang memilikinya.

Internet, apa sih internet itu ? sejak kapan kalian bisa tau atau secara langsung sebagai pengguna internet ?

Internet merupakan jaringan yang bisa menghubungkan dengan orang tanpa harus bertatap muka, misal chating. Bisa juga diartikan sebagai sumber informasi, dimana kita bisa mendapatkan informasi hanya dengan menuliskan keyword yang kita inginkan di mesin pencari. Banyak sih arti dari internet itu, intinya itu lah. Bisa menghubungkan orang yang satu dengan yang lainnya mekipun jarak yang begitu jauh membentang.

Nah aku mau cerita sedikit mengenai perkenalanku dengan yang namanya internet. Saat itu aku masih duduk dikelas 6 SD,tepatnya aku baru lulus dari bangku SD. Bagaimana bisa aku tahu internet ? sedangkan aku punya komputer dirumah saja enggak. Maklumlah namanya juga anak orang gak punya. Boro-boro tau apa itu internet, tahu bentuk komputer dan bisa mainan word aja udah syukur banget dulu itu.

Sebelum berkenalan dengan internet pastinya kalian harus kenalan juga kan sama perangkat untuk menggunakan internetnya. Tanpa perangkat ini, internet gak mungkin berguna. Intinya ada internet pasti ada perangkat ini.

Komputer, aku baru tahu komputer secara langsung saat aku duduk dikelas 4 SD, saat itu SD ku baru saja ada pembelian perangkat tambahan untuk membantu proses belajar mengajar yaitu komputer dan seperangkatnya. Yang awalnya di SD aku itu gak ada mata pelajaran komputer, dan sejak saat itu mulai aku berkenalan dengan komputer.

Dulu komputer di sekolahku hanya beberapa, sekitar 20 unit saja sementara jumlah murid yang ada adalah 40 siswa. Dulu aku masih inget diajarkan bagaimana cara mendesain sebuah word dengan memberikan efek border and shading. Yang nantinya di samping kanan kiri, atas bawah word itu ada border seperti frame. Selain itu juga dikenalkan dengan mouse, keyboard dll. Sejak saat itu mulai tahu apa itu komputer

Nah sekarang kembali lagi ke internet. Berhubung saat itu aku baru lulus dari SD, sementara untuk melanjutkan ke jenjang SMP aku harus daftar dulu. Pas banget saat tahun ajaran baru saat aku mau masuk SMP mulai diberlakukan sistem PSB Online, dimana aku harus daftar secara online untuk masuk ke jenjang SMP.

Berhubung orang tua aku yang hanya lulusan SMP dan SMA, mereka juga tidak paham apa itu PSB online. Oleh karenanya aku dibantu oleh teman sebaya aku dirumah untuk mendaftar PSB online.
Pergi ke warnet, itu pasti. Karena saat itu internet masih merupakan barang yang sangat mewah. Tidak semua orang punya, apalagi bisa mengakses internet disembarang tempat. Pas udah diwarnet aku daftar PSB dibantu oleh teman aku yang namanya Saiful. Dia tetangga aku yang cukup mengerti mengenai internet. So aku daftar gak tahu apa-apa. Tinggal terima jadi aja. Setelah selesai seharusnya langsung pulang, tapi tuh temen aku malah sibuk browsing sementara aku sibuk nunggu prin-print an kertas pendaftaran PSB. Ternyata tuh anak lagi Mbokep. Pas aku samperin yang muncul di monitor gambar cewe yang pakek beha, sempak dan ada yang telanjang bulat. Ohmegod. Sejak saat itu aku mulai mengenal apa itu internet. Berhubung aku orangnya penakut jadi aku tinggal di luar sembari menunggu tuh anak selesai mbokep. Maklumlah aku dulunya orangnya penakut. Bukan orang yang suka dengan pelanggaran.wkwkwk

Dari semenjak itu aku mulai sering main ke warnet hanya sekedar ingin mendownload lagu atau browsing gak jelas. Search di google gambar anime yang aku suka. Tapi terkadang juga yang keluar gambar yang kurang sopan. Iklan yang gambarnya cewe cantik. Ya namanya juga lelaki. Gara-gara itu jadinya tergoda buat buka yang aneh-aneh. Dan itu lihatnya berempat hahaha. Gilak dasar anak kecil kepo semua.

Ternyata awal kmunculan internet itu memberikan dampak yang sangat negatif. Gimana enggak, orang temen-temen aku semua pada doyan ke warnet buat browsing yang macem-macem. Aku kan kuper dulunya. Kurang tau apa ini apa itu jadi yang Cuma ikut ikut an aja sama yang lebih bisa.
Kalian inget gak sama apa yang namanya disket ? ituloh tempat buat nyimpen data yang kapasitasnya Cuma beberapa MB. Dan harganya gak sampek 3000 rb perak. Lucu ya dulu pakek disket terus kapasitasnya kecil banget. Nah sekarang ? udah ada flashdisk yang kapasitasnya 64GB aja ada. Wkwkwkw memang perkembangan jaman cepet banget. Coba aja cari sekarang disket apa masih ada ya hahha

Kalau dulu komputer bentuknya kayak TV jadul. Dimana bagian belakang ada jendolannya kayak konde yang dipakek emak – emak. Nah sekarang udah pada slimfit wkwkwk seksi seksi sekarang monitornya. Gak kalah seksi sama bintang iklannya aahaha.

Dulu warnet juga hanya ada beberapa aja. Kalaupun ada juga koneksinya kayak kura-kura. Ga secepet sekarang yang download 1 Gb hanya butuh waktu 2 menit. Shittt ! hahaha. Seiring waktu berjalan *ceilehh. Internet sudah menjalar kemana-mana. Dari yang pakek modem sampai pasang sendiri wifi dirumah atau pakek sambungan kabel telepon. Dulu mahal hargnya paketan internet, kalau sekarang harganya sampai dibanting banting wkwkwk.

Ya begitulah hidup. Terkadang masa lalu itu bikin ketawa, bikin malu sendiri kalau inget. Tapi aku bangga pernah ngalamin hal yang berbau norak dan absurd. Karena yang lebih baik itu berawal dari hal-hal buruk bukan? Biar jadi lebih baik lagi.

Terima kasih pengalaman hidupku sungguh menyenangkan. Terkadang aku pengen kembali ke masa masa itu. Bisa ? bisa, hanya mengenang semua masa itu saja J