2014 - Bahrul.com

Tuesday, 16 December 2014

Posda adalah Organisasi yang benar-benar Organisasi


Bicara masalah kehidupan aku semasa SMA dan Kuliah. Ada banyak sekali perbedaan yang aku rasakan. Dari suka maupun duka, semua ada. Kesan aku dikehdupanku sekarang adalah kebosanan. Rutinitas yang selalu sama setiap hari, bagaikan roda yang berputar pada porosnya.

Bangun – Kuliah – Pulang – Nugas – Tidur.

Seperti itulah rutinitas secara garis besarnya untuk saat ini. Berbeda dengan aku yang masih duduk dibangku SMA



ITU SMA




Bangun – Sekolah – Pulang – Bertemu Keluarga – Kumpul Keluarga – Tidur.

Beda bukan ? di SMA aku bisa merasakan semua itu. Yang sekarang sangat susah untuk aku rasakan. 2 point yang dulu bisa secara langsung aku merasakannya, sekarang hanya lewat hubungan jarak jauh melalui telephone.

Keluarga memang berarti bagi aku, sangat sangat berarti. SMA aku punya keluarga tambahan. Siapa dia ?
POSDA ( Pengurus Osis SMADA ). Sebuah organisasi yang menurut aku memang bener-bener organisasi. Dimana bisa merasakan mereka adalah teman, sahabat dan keluarga yang berarti bagi aku. Itu alasan aku ikut organisasi.

Sekarang dikampus aku ikut HMM ( Himpunan Mahasiswa Mesin ) apa ini ? aku juga gak tahu. Ini organisasi ? atau keluarga ? atau apa ?
Kalau menurut aku sendiri ini bukan organisasi, lebih mirip EO ( event organizer ). Mesin punya jargon “ MESIN SOLID !” but ? nothing ! that’s bushit !

Temannya kesusahan aja ada yang tertawa bahagia. Temannya yang lagi butuh bantuan aja mereka pada ngilang. Ini keluarga ? Not yet !

Beda sama OSIS sewaktu aku SMA. Disini tempat aku ngerasaian canda tawa tangis dan haru. Aku pernah nangis dihadapan mereka semua. Teman, yang aku anggap keluargaku. Mereka membantuku saat aku ada masalah. Gak Cuma itu saja. Kita makan satu makan semua. Sedih satu sedih semua.

Pernah suatu ketika aku ditanya dalam forum “Kenapa rul ? ada masalah ?”. aku Cuma bisa menggelengkan kepala, tapi sebenernya aku banyak masalah. Mereka, teman-temanku berkata “ kalau susah, susah bareng-bareng rul. Kita keluarga disini”

Jabatan ? Gak penting !
Itu SMA

Jabatan ? Penting !
Itu Kuliah

Aku sekarang Cuma butuh orang yang bisa buat aku nyaman, tertawa senang dalam kepenatan rutinitas sehari-hari.

Rindu kalian keluargaku J

Sunday, 30 November 2014

Welcome my month






Hallo, selamat malam waktu indonesia bagian aku nulis saat ini. Tepatnya abis isya deh. Kalian tahu kan ini malam terakhir dibulan november. Sebentar lagi, tinggal beberapa jam lagi kita akan berjumpa lagi dengan bulan desember. Yupss desember is everything for me. Kalau kalian baca tulisan absurdku yang sebelumnya pasti tau. Oke skip

Gak terasa juga tahun 2014 sudah akan berlalu begitu saja. Tinggal 1 bulan lagi udah mau tahun baru. Banyak sekali perubahan dari waaktu kewaktu ya. Mulai pergantian posisi kekuasaan yang kini ada dibawah pimpinan presiden jokowi. Pergantian usia, pergantia pacar, pergantian bentuk rupa dan hal sebagainya.

Berubah itu pasti. Entah lebih baik atau tidak, itu tidak bisa kita tebak. Hanya kita yang bisa mengarahkan, apakah suatu perubahan itu akan jadi lebih baik atau tidak. Sekarang ini aku sedang menempuh pendidikan dijenjang perkuliahan, sekarang sudah ada di semester 3. Entah kenapa, ini semester yang paling bikin aku cepat malas, bosan dengan perkuliahan. Apa sebabnya ? aku sama sekali belum bisa menemukan. Tapi untungnya aku masih punya rasa kasihan dan ingat dengan orang tua yang jauh ada dirumah sana membiayai kuliahku yang begitu mahalnya. Jadi aku gak boleh mengecewakan mereka.

Di semester ini juga mulai ada praktik. Tentunya praktik dibidang pemesinan. Kemarin praktik pertama itu mengenai dasar otomasi, dan hasilnya juga cukup memuaskan tidak terlalu mengecewakan juga sih. Untung praktiknya ini tidak memakan tenaga yang lebih, hanya memerlukan pikiran dan ketelitian.




Next, praktiknya adalah kerja bangku. Dimana aku harus melakukan pekerjaan yang biasa dilakukan mesin harus dilakukan dengan manual atau secara tradisional alias dengan keterampilan tangan kita sendiri. Seperti contohnya membuat Baut, Mur dan Toolbox. Berat sih awalnya, harus mengikir benda yang tebalnya 1 cm. Itu lama loh, dan membutuhkan tenaga extra. Salah salah kalau gak kuat kalian bisa pingsan *alay*.

Tapi benar, kalau yang tidak pernah melakukan akan merasakan kelelahan yang luar biasa. Setelahnya nanti saat kalian bangun tidur baru akan merasakan betapa sakitnya sisa mengikir kemarin. Hahah dan aku sudah merasakannya.

Akhirnya selesai juga sih, pertama membuat toolbox dan dilanjutkan membuat baut dan mur. Hasilnya cukup lah. Untuk orang lulusan SMA seperti aku itu sudah cukup kalau dibandingkan anak SMK yang sudah pernah mendapatkan mata kuliah seperti ini.

Well tahun ini mau habis. Waktunya tutup buku dan melakukan perubahan baru untuk kehidupan lebih baik.


Welcome december J I hope more and more !

Saturday, 29 November 2014

Hello December (my month)


Yuhu sebentar lagi Desember, bulan dimana aku dilahirkan. Bulan dimana dia memiliki posisi di paling akhir. Sih anak bungsu. Bulan dimana memiliki banyak kebahagiaan. Pastinya bahagia karena itu bulan kelahiranku, dilain hal juga dimana di bulan itu perkuliahan akan berakhir di semester ini. Yuhuuu liburan broohh. Sudah terlalu penat tiap hari ketemu dosen, dengerin dosen dongeng, dipertemukan juga dengan tugas yang seambrek ambrek, mana deadlinenya mepet banget. Fyuhhhh .. ternyata kuliah itu berat broh, gak segampang dan seasyik yang kalian lihat di sinetron maupun di FTV. Atau film bokep *lupakan

Tahun ini aku genap berusia 20 tahun. Yeyyeye \m/. Dan kalian tahu ? ini umur sudah tua ternyata. Umur semakin mendekati saatnya entah kapan itu aku juga gak tahu. Banyak sekali keinginan yang akan aku lakukan di umur aku yang ke 20 nantinya. Dimana umur yang sudah bisa dikatakan umur yang gak muda lagi. Bukan lagi anak SD yang ngrengek ngrengek minta beli ini dan itu. Bukan lagi anak SMP yang sekolah dengan celana yang sedengkul. Atau bahkan anak SMA yang celananya dijadiin pencil. Oke itu semua masa lalu yang berharga bukan ?

Sekarang aku udah kuliah udah duduk disemester 3. Sudah hampir setengah jalan buat makek toga di kepala bukan ? rasanya sungguh ingin cepat-cepat aku lulus. Aku kerja dan aku membahagiakan orang tuaku dengan jerih payah dan cucuran keringatku. Bagaimana ? indah bukan kalau kita sudah melakukan hal itu ? baru dibayangkan saja sudah indah. Semoga tidak ada batu terjal yang menghalangi niat baikku itu. Sudah pernah juga aku ceritakan diedisi yang sebelumnya *ceileh. Cita citaku setelah lulus S1.

20 tahun lalu aku dilahirkan, tepatnya 20 desember 1994. Lahir dikota perantauan didaerah Tangerang. Orang tua yang hanya lulusan SMP dan SMA, terpaksa pergi ke kota untuk mencari penghidupan baru. Kalau denger cerita hidup orang tuaku rasanya air mata ini sudah menggantung di kantung mata. Sudahlah, aku bangga memiliki orang tua seperti mereka. Mungkin dengan kekurangan yang mereka miliki bukan suatu penghambat untuk bahagia bukan ? Karena aku percaya, untuk bahagia itu sangat sangat sederhana.

Terima kasih Ayah, terima kasih Ibu. Doakan aku, supaya bisa sukses. Aku selalu berdoa semoga engkau berdua diberikan umur panjang untuk bisa melihat aku. Aku yang sukses dan bisa bahagiakan kalian. Terima kasih. J

Monday, 24 November 2014

Internet dan hal lainnya (jaman dulu)



Kalau inget jaman dulu terkadang aku ketawa sendiri. Melihat masa-masa dulu yang kalau ada di posisi aku yang sekarang, dulu itu aku norak sekali. Ya, banyak sekali hal yang aku lakukan yang sebenarnya itu sangat norak kalau menurut aku sekarang ini. Tapi dulu hal yang sekarang dianggap norak sudah tidak ada. Dulu hampir semua orang melakukan hal norak itu. Apa saja sih ? banyak banget pastinya. Kalau aku sebutin sama aja aku mengumbar aibku sendiri wkwkkw. Dan itu jangan lah ya, tapi aku mau cerita sedikit tentang hal-hal yang sekarang sudah menjadi hal umum. Kalau dulu hal ini dianggap hal yang mewah dan tidak semua orang memilikinya.

Internet, apa sih internet itu ? sejak kapan kalian bisa tau atau secara langsung sebagai pengguna internet ?

Internet merupakan jaringan yang bisa menghubungkan dengan orang tanpa harus bertatap muka, misal chating. Bisa juga diartikan sebagai sumber informasi, dimana kita bisa mendapatkan informasi hanya dengan menuliskan keyword yang kita inginkan di mesin pencari. Banyak sih arti dari internet itu, intinya itu lah. Bisa menghubungkan orang yang satu dengan yang lainnya mekipun jarak yang begitu jauh membentang.

Nah aku mau cerita sedikit mengenai perkenalanku dengan yang namanya internet. Saat itu aku masih duduk dikelas 6 SD,tepatnya aku baru lulus dari bangku SD. Bagaimana bisa aku tahu internet ? sedangkan aku punya komputer dirumah saja enggak. Maklumlah namanya juga anak orang gak punya. Boro-boro tau apa itu internet, tahu bentuk komputer dan bisa mainan word aja udah syukur banget dulu itu.

Sebelum berkenalan dengan internet pastinya kalian harus kenalan juga kan sama perangkat untuk menggunakan internetnya. Tanpa perangkat ini, internet gak mungkin berguna. Intinya ada internet pasti ada perangkat ini.

Komputer, aku baru tahu komputer secara langsung saat aku duduk dikelas 4 SD, saat itu SD ku baru saja ada pembelian perangkat tambahan untuk membantu proses belajar mengajar yaitu komputer dan seperangkatnya. Yang awalnya di SD aku itu gak ada mata pelajaran komputer, dan sejak saat itu mulai aku berkenalan dengan komputer.

Dulu komputer di sekolahku hanya beberapa, sekitar 20 unit saja sementara jumlah murid yang ada adalah 40 siswa. Dulu aku masih inget diajarkan bagaimana cara mendesain sebuah word dengan memberikan efek border and shading. Yang nantinya di samping kanan kiri, atas bawah word itu ada border seperti frame. Selain itu juga dikenalkan dengan mouse, keyboard dll. Sejak saat itu mulai tahu apa itu komputer

Nah sekarang kembali lagi ke internet. Berhubung saat itu aku baru lulus dari SD, sementara untuk melanjutkan ke jenjang SMP aku harus daftar dulu. Pas banget saat tahun ajaran baru saat aku mau masuk SMP mulai diberlakukan sistem PSB Online, dimana aku harus daftar secara online untuk masuk ke jenjang SMP.

Berhubung orang tua aku yang hanya lulusan SMP dan SMA, mereka juga tidak paham apa itu PSB online. Oleh karenanya aku dibantu oleh teman sebaya aku dirumah untuk mendaftar PSB online.
Pergi ke warnet, itu pasti. Karena saat itu internet masih merupakan barang yang sangat mewah. Tidak semua orang punya, apalagi bisa mengakses internet disembarang tempat. Pas udah diwarnet aku daftar PSB dibantu oleh teman aku yang namanya Saiful. Dia tetangga aku yang cukup mengerti mengenai internet. So aku daftar gak tahu apa-apa. Tinggal terima jadi aja. Setelah selesai seharusnya langsung pulang, tapi tuh temen aku malah sibuk browsing sementara aku sibuk nunggu prin-print an kertas pendaftaran PSB. Ternyata tuh anak lagi Mbokep. Pas aku samperin yang muncul di monitor gambar cewe yang pakek beha, sempak dan ada yang telanjang bulat. Ohmegod. Sejak saat itu aku mulai mengenal apa itu internet. Berhubung aku orangnya penakut jadi aku tinggal di luar sembari menunggu tuh anak selesai mbokep. Maklumlah aku dulunya orangnya penakut. Bukan orang yang suka dengan pelanggaran.wkwkwk

Dari semenjak itu aku mulai sering main ke warnet hanya sekedar ingin mendownload lagu atau browsing gak jelas. Search di google gambar anime yang aku suka. Tapi terkadang juga yang keluar gambar yang kurang sopan. Iklan yang gambarnya cewe cantik. Ya namanya juga lelaki. Gara-gara itu jadinya tergoda buat buka yang aneh-aneh. Dan itu lihatnya berempat hahaha. Gilak dasar anak kecil kepo semua.

Ternyata awal kmunculan internet itu memberikan dampak yang sangat negatif. Gimana enggak, orang temen-temen aku semua pada doyan ke warnet buat browsing yang macem-macem. Aku kan kuper dulunya. Kurang tau apa ini apa itu jadi yang Cuma ikut ikut an aja sama yang lebih bisa.
Kalian inget gak sama apa yang namanya disket ? ituloh tempat buat nyimpen data yang kapasitasnya Cuma beberapa MB. Dan harganya gak sampek 3000 rb perak. Lucu ya dulu pakek disket terus kapasitasnya kecil banget. Nah sekarang ? udah ada flashdisk yang kapasitasnya 64GB aja ada. Wkwkwkw memang perkembangan jaman cepet banget. Coba aja cari sekarang disket apa masih ada ya hahha

Kalau dulu komputer bentuknya kayak TV jadul. Dimana bagian belakang ada jendolannya kayak konde yang dipakek emak – emak. Nah sekarang udah pada slimfit wkwkwk seksi seksi sekarang monitornya. Gak kalah seksi sama bintang iklannya aahaha.

Dulu warnet juga hanya ada beberapa aja. Kalaupun ada juga koneksinya kayak kura-kura. Ga secepet sekarang yang download 1 Gb hanya butuh waktu 2 menit. Shittt ! hahaha. Seiring waktu berjalan *ceilehh. Internet sudah menjalar kemana-mana. Dari yang pakek modem sampai pasang sendiri wifi dirumah atau pakek sambungan kabel telepon. Dulu mahal hargnya paketan internet, kalau sekarang harganya sampai dibanting banting wkwkwk.

Ya begitulah hidup. Terkadang masa lalu itu bikin ketawa, bikin malu sendiri kalau inget. Tapi aku bangga pernah ngalamin hal yang berbau norak dan absurd. Karena yang lebih baik itu berawal dari hal-hal buruk bukan? Biar jadi lebih baik lagi.

Terima kasih pengalaman hidupku sungguh menyenangkan. Terkadang aku pengen kembali ke masa masa itu. Bisa ? bisa, hanya mengenang semua masa itu saja J

Tuesday, 28 October 2014

Butuh Proses Panjang


Selamat membaca teman. Kali ini aku mau sedikit berbicara mengenai kegundahan hati yang selalu membayangi dalam pikiranku. Ini sesuatu yang sangat serius, tapi jangan serius-serius amat ya kalau baca kwkwkw

Ini mengenai masa depanku, dimana aku mempunyai cita-cita menjadi penulis. Tapi aku masih bingung, mau bikin buku seperti apa? Komedi, cinta, kegalauan, atau islami ? entahlah, disini semua tulisanku masih sangat abstrak. Sebenarnya ada langkah yang bisa aku lakukan untuk mewujudkan mimpi itu. Dengan bergabung dikomunitas Penulis di kampus. Seenggaknya disitu aku bisa belajar banyak dengan orang yang sudah mempunyai buku bukan? Tapi apa daya, waktu yang memaksaku untuk menunda semua itu. Kesibukan di Himpunan dan Aneka macam tugas dari dosen cukup sudah menguras tenagaku. Ditambah lagi sama momong anak orang 1 yang paling ngeselin, wuhh gak kebayang deh ya kalau aku ikut UKM Penulis. Tapi sebenarnya bisa, tapi aku masih fokus ke kuliah dulu.

Sudah mempunyai angan-angan ingin membuat buku tentang arti kesuksesan dan bagaimana mencapainya. Semua itu akan terealisasikan jika nanti saya bisa sukses, baru kemudian aku menceritakan semuanya untuk dijadikan sedikit wacana untuk orang lain menuju tangga kesuksesan.

Atau bahkan bisa juga membuat buku mengenai perjalanan asmaraku dengan si doi wkwkwk. Makanya doakan supaya bisa awet sampai nikah sama nih doi hahah. Nanti bakalan aku share dah tips-tips biar awet sama pacar sampai nikah dan nenek-nenek.

Satu lagi, mungkin perjalanan spiritualku nantinya. Tapi entahlah, aku sudah memulai membuat kerangka buku yang ingin aku tulis. Masalah laku gak nya, gak masalah. Yang penting aku udah berusaha untuk melakukan hal yang terbaik. Bukankah memang orang sukses berawal dari kegagalan ? tidak mungkin orang itu akan melulu mulus dalam perjalanannya. Jalan tol yang dikenakan tarif yang katanya jalannya mulus, toh nyatanya masih ada aja kekurangannya.

Aku punya sih sedikit pengalaman dimana aku merasakan apa itu perjuangan, dimana saat itu aku masih bingung mau kuliah dimana. Setelah gagal di berbagai jalur, mungkin Tuhan sedang mengujiku, seberapa besar imanku kepadaNya. Hingga pada akhirnya dari semua usaha yang aku lakukan, aku bisa kuliah diperguruan tinggi negeri. Itu aku syukuri, walau tidak sesuai dengan target. Ini jalanku, takdirku, dan rencana Tuhan buatku. Aku percaya semua akan baik-baik saja. Asal selalu dalam jalanNya. Tuhan akan selalu menolong.

Kalian yang sering mampir blogku ini mungkin akan menilai kalau tulisanku tidak menarik untuk dibaca. Bukan mungkin lagi sih, tapi IYA PASTI. Gak masalah jika memang iya. Pernah aku berbicara dengan seorang penulis dari Jogja melalui dunia maya. Aku bertanya sedikit hal mengenai BAGAIMANA CARA MENULIS? CARA MENJADI PENULIS ?

“tulis aja apa yang kamu alami sehari-hari”

Kata-kata yang sampai detik ini masih menjadi patokan dalam hal menulis buatku. Gak masalah kalau itu gak bermutu, gak maksa juga untuk kalian baca. Setidaknya ada usaha untuk menulis original, bukan lagi copas hasil tulisan orang lain. Itu yang aku jadikan panduan dalam penulisan diblog J.

Semoga saja bisa berkembang lebih baik kedepannya. Sering membaca karya orang lain, entah itu genre komedi, cinta, atau islami. Semua aku baca untuk menambah wawasan mengenai penulisan. Sudah setahun ini menekuni hal tersebut, tapi sayangnya bulan-bulan ini terkendala dengan padatnya jadwal kuliah.

Okelah tetap semangat buat aku sendiri hohhohoho

Sunday, 26 October 2014

Alasan Jomblo


Selamat malam buat kalian para jomblo. Saya kali ini pengen berbagi sedikit saja mengenai kejombloan dan pacaran. Banyak yang bilang orang jomblo itu gak laku, nah loh sejak kapan diri kalian jadi dagangan ? ada juga yang bilang JONES ( Jomblo Ngenes ). Untungnya sih semua istilah itu baru muncul dipertengahan abad kealay an. Dan saya sekarang sudah ada pasangannya. Alhamdulillah.

Saya sering bertanya dengan orang-orang yang single. Berbagai alasan mereka kemukakan sebagai alasan kenapa mereka jomblo atau single ?
  • Sorry saya single bukan jomblo

Itu muncul saat kalian bertemu dengan orang yang tidak ingin dikatakan sebagai jomblo. Sebenernya sih gak jauh beda, sama-sama gak ada pasangannya. Atau belahan jiwa. #eaakk. Tapi ada yang menarik dari celotehan teman saya. Namanya Nilna, dia memang dari pertama saya mengenal dia anti dengan yang namanya PACARAN.

Percakapan Absurd  “Nil kamu jomblo berapa lama?” celoteh saya sambil tertawa jahat.
“Maaf Lum, aku single dari lahir” jawabnya dia dengan muka absurd.
“Yakelah Nil, sama aja itu mah namanya jomblo” bantah saya dengan nyengirin gigi saya yang gak putih-putih amat.
“Jomblo itu dia sudah pernah punya pacar, sementara single dia masih sendiri dan tidak pernah punya mantan”. Jawaban yang spontan keluar dari mulut mungilnya. Seketika itu juga saya tidak bisa mengatakan apa-apa
“Apa kamu kata aja dah Nil” ........ *hening

Memang sampai sekarang dia tidak pernah pacaran. Istiqomahnya sangat kuat, imannya juga kuat, pokoknya dia wanita yang cocok lah buat dijadikan istri. Sayangnya saya gak minat, Cuma merekomendasikan buat orang-orang aja. Tentunya yang sifat dan akhlaknya sama kayak dia ya. Hehehhe
  • Jomblo itu enak, bisa keluar sama siapa aja. Bebas, tapi ........

Sangat sering sekali kalau yang ini nih. Alibi yang bermakna ganda “AMBIGU”. Kenapa ambigu ?
a.       Sebenarnya mereka yang mengatakan seperti itu memang bukan orang yang setia. Lebih senang dengan orang yang gonta ganti. Gak cukup seorang, tapi lebih. Kalau bisa dibilang sih ya gebetan dimana-mana.
b.      Ada juga yang memang pengen senang-senang, karena kalau pacaran itu susah dan gak bakal bisa kalian bebas keluar dengan siapa-siapa. keluar sama ini nanti pacar cemburu, terus ribut, ngambek, minta putus deh. Yah begitulah cinta, penderitaan tiada berakhir. #patkai
Tahu gak tapinya itu apa ? KESEPIAN ! saat gebetan sedang sibuk dengan gebetan lainnya. kalian tidak bisa berkata apa-apa. Untuk marah juga gak berhak kan ? Nah 
  • Males pacaran, konsen sekolah/kuliah dulu

Ya saya percaya ini, tapi hanya sebagian. Seorang cewek atau cowok normal pasti mempunyai rasa suka dengan teman sekelasnya atau dalam lingkup tempat dia sekolah/kuliah bukan ? Bagaimana mau konsen kalau rasa itu masih ada. Iya sih kadang juga bisa dijadikan semangat buat selalu sekolah/kuliah Cuma pengen ketemu sama si doi. Niatnya jadi berubah dah, yang awalnya pengen cari ilmu. Sekarang jadi pengen ketemu pacar. Kasihan orang tuamu dirumah nak. Kwkwkw
  • Jomblo karena belum nemuin jodohnya

Yang ini agak susah, jomblo karena alasan yang sebenarnya tidak dia inginkan. Bukannya belum ada sih, mungkin jodohnya dia lagi di oprek sama orang lain dulu.wkwkw sabar aja lah. Tuhan maha adil kok. Stay jomblo aja biar cakep. Nanti lama-lama juga dibilang kalau kalian MAHO
  • Pacaran itu haram

Serius kalau yang ini saya gak bisa bantah. Soalnya memang iya haram dalam agama saya. Tapi bagaimana ya, saya juga bingung. Iman dan ketaqwaan saya masih kurang, jadinya ngelanggar deh. Tapi saya selalu coba buat jadi manusia yang lebih baik. Amiin (doainye).

Sebenarnya jomblo atau enggak, itu semua relatif. Kalau saya jomblo paling lama 4 – 5 bulan. Tapi pernah juga sih paling lama saya single selama 15 tahun. Wuhhh lama ya, iya karena saya umur 15 tahun sudah berani macarin anak orang. *dont try at home.

Pacaran juga banyak suka dukanya kok, pasti kalian semua sudah tahu sendiri, kalau saya jelasin bisa-bisa tangan ini keriting. Keriting gak papa sih, asal dijadiin buku itu menjual. Dan itu tidak mungkin -_-


Next time lah saya akan bahas suka duka pacaran. Soalnya tugas udah banyak yang numpuk. So harus diselesaiin biar cepet lulus dan gak lama-lama di kampus. 4 tahun aja cukup. Bismillah *doain ye

Tuesday, 21 October 2014

Aneka Rasa Organisasi



Minggu ke 10 kuliah, dan 6 minggu lagi kuliah selesai. Iya selesai semester 3 nya dan ganti semester 4. Hikksss masih setengah perjalanan saya menuju gelar sarjana. Semangat dan terus berusaha, jangan lupa doa kepada Tuhan. Pasti bisa !

Kalau ngomongin masalah kuliah pastinya tidak akan lepas dari apa yang namanya itu “organisasi”. Nah sebelumnya apa sih itu ORGANISASI ? ada yang tahu ?

Sepengetahuan saya, organisasi adalah tempat dimana berkumpulnya individu-individu yang memiliki tujuan yang sama bagi kelanjutan organisasi tersebut. Selain itu organisasi adalah keluarga kedua saya setelah kedua orang tua dan sanak famili. Sorry kalau salah, soalnya saya sendiri ini ga browsing atau apalah. Ingatan saja waktu dulu LDK OSIS dapat begituan juga.

Kenapa seperti itu ? dulu saya saat masih SMA sempat juga ikut organisasi intra sekolah atau biasanya yang disingkat dengan OSIS. Jujur saja, dulunya saya dari SD sampai SMA merupakan orang yang pendiam dan cenderung tidak ingin menonjolkan dirinya.

Semenjak SMA saya ikut OSIS, saya sedikit berani menunjukan jati diri saya. Yang sebelumnya belum pernah saya eksploitasi. Apa itu ? misalnya saya jadi mulai berani berbicara didepan ratusan pasang mata. Yang dulunya saya berhadapan dengan teman dikelas saat sedang maju atau disuruh menjelaskan oleh guru, saya hanya bisa berbicara dengan tata bahasa yang tidak karuan arah dan tujuan pembicaraan saya. Selain itu cara berbicara yang gagap juga sering menyergapi saya saat sedang berbicara dengan guru.

Inti dari apa yang sudah saya bicarakan adalah ikut organisasi itu sangat baik sekali, saya anjurkan buat kalian yang masih duduk di SMA silahkan ikut organisasi apapun itu. Tidak harus OSIS, masih banyak kan organisasi di sekolah ? misalnya aja Kepramukaan, UKS, Teater, pencinta alam dan lainnya. Pilih saja sesuai dengan apa yang kalian suka. Kalau saya lebih suka dengan kegiatan dalam lingkup sekolah atau umum. Jadinya saya memilih bergabung dengan OSIS.

Itu organisasi saya saat masih duduk di bangku SMA. Nah sekarang saya sudah duduk dibangku perguruan tinggi, dimana bangkunya sudah tidak ada kolong mejanya. Hanya kursi dan sebuah meja yang ukurannya tidak lebih dari 35cm. Dimana hanya cukup untuk satu sampai dua buku saja. Tergantung kalian membawa buku sebesar apa hehehe.

Dibangku kuliah saya awalnya ragu, ingin ikut dengan organisasi apa. keIslaman sudah banyak menjamur, ada yang inilah, itulah,anulah. Dengan memberikan tawaran babibubebo. Dan saya sama sekali tidak tertarik karena saya islamnya bukan islam yang mendalami. Yang penting saya mengerjakan kewajiban saya sebagai umatNya, itu sudah cukup. Orang tua juga tidak akan pernah mendukung bila saya ikut organisasi keIslaman. Sudah di wanti-wanti sejak saya masih SMA.

Akhirnya saya memutuskan ikut himpunan mahasiswa jurusan. Berhubung saya jurusan Teknik Mesin, jadi saya gabung di himpunan mahasiswa akutansi. Oke itu salah, pastinya Mesin juga dong. Heheh SOLID !

Sebelum saya ikut himpunan, saya pernah mencoba ikut perkumpulan pecinta Badminton. Saya bukan ahli di olahraga ini, tapi saya suka. Entah kenapa saya kurang ahli dibidang olahraga. Tidak seahli para master, saya hanya bisa.

Setelah satu dua kali ikut kumpul saya merasa kurang cocok dengan orang-orang yang ada didalamnya yang terkesan kurang welcome. Kurang ngayomi yang junior, pilih kasih. Eaaakk cemburu ya hahaha.

Jadi saya memutuskan kontrak kerja antara saya dan badminton. Selamat tinggal. Dan raket saya dikos an sekarang penuh dengan jaring laba-laba. Ada yang mau beli ? 200rb aja sini. Hehehe
Sekarang hampir setahun saya di himpunan. Saya jadi semakin tau tipe orang dalam sebuah organisasi. Ada banyak tipe yang saya temui. Dari sejak SMA sampai Kuliah. Cirinya adalah:
  • Orang yang Masa Bodo


Pasti didalam sebuah organisasi orang tipe seperti ini selalu muncul. Entah kenapa bisa nongol saya juga kurang tahu. Apakah sistem penerimaan anggotanya yang kurang selektif atau mungkin sudah selektif tapi saat penerimaan itu ini orang memperlihatkan sisi dari dirinya yang palsu. Alias KAWE. Tapi entahlah, yang pastinya ini orang saat organisasi yang dilakukan Cuma numpang nama. tanpa memberikan kontribusi yang signifikan. Bahkan mungkin ikut rapat saja hanya sekedar kalau sedang ingin. Ya itulah manusia.
  • Orang yang Mempunyai Ambisi


Pasti juga ada, ambisi yang baik dan ambisi yang salah. Kenapa ada ambisi yang salah? Saya kira yang salah itu ambisi yang hanya untuk pencitraan belaka. Ingin menjadi orang yang wah di organisasi, itu pasti ada. Orang yang ingin akan jabatan, itu sudah banyak. Ambisi yang baik itu saat mempunyai ambisi mensukseskan tujuan organisasi tanpa pandang bulu ini bagian siapa atau siapa. Yang pastinya ini adalah bagian kita semua bukan ? itu kalau dalam organisasi
  • Orang yang Cari Perhatian

Kalau dalam OSIS ini orang pasti banyak juga, contohnya temen saya sendiri. Entah apa yang ada dikepalanya, mau MOS aja dia ribet sendiri. Nyiapin baju baru lah, sepatulah apalah. Ya pakek kaca mata lah, padahal kaca mata palsu alias kawe beli di pinggir jalan. Udah gitu frame nya warnanya alay. Ijo muda. Duh. Ya mungkin ini salah satu orang JONES ! jomblo ngenes
  • Orang yang Loyal dan Tidak Loyal

Kalau OSIS, kepengurusan itu dalam jangka 2 tahun. Jadi dari kelas 1 sampai kelas 2. Ada orang yang loyal dengan organisasi yang sudah menganggap organisasi bagian dari hidupnya. Ada juga yang hanya mencari pengalaman semata. Ya contohnya yang tidak melanjutkan kepengurusan keperiode keduanya. Meninggalkan begitu saja. Padahal dia sudah mendapatkan pengalaman yang seharusnya diberikan kepada kepengurusan yang baru. Tapi mau gimana lagi, itu pilihan orang masing-masing.
  • Orang yang Ingin Menjadi Ketua

Hanya beberapa sih kalau menurut saya. Kalau yang dari awal udah punya keinginan seperti ini, biasanya mereka semangat sekali. Menunjukan semua kemampuan yang mereka miliki. Agar nantinya mereka yang dicalonkan sebagai ketua. Tapi jarang sekali, setelah mereka terpilih itu kinerjanya akan sama seperti saat mereka berambisi menjadi ketua.
  • Orang yang Biasa-biasa

Ini banyak sekali. Intinya mereka tahu, bisa dan mampu melaksanakan apa yang diinginkan oleh organisasi. Gak ambisi gak juga masa bodo. Pokoknya biasa aja. Hehe ini saya banget wkwkwkw.

Ada yang punya lagi tipe lainnya ? coba kalian yang pernah ikut organisasi, kalian termasuk yang mana hayo ??

Nanti akan saya lanjutkan jika saya ingat dan tahu lagi mengenai tipe orang – orang dalam organisasi. Jangan lupa kometar mas mbak yang ganteng dan cantik.

Sunday, 19 October 2014

Mungkin Tidak ?

Waktu terasa semakin berlalu, tinggalkan cerita tentang kita. Akan tiada lagi kini tawamu, tuk hapuskan semua sepi dihati. Ada cerita tentang aku dan dia, dan kita bersama saat dulu kala. Ada cerita tentang masa yang indah, saat kita berduka saat kita tertawa.................................................................................
Seklumit lirik lagu yang saat ini sedang saya dengarkan, memberikan saya sebuah motivasi untuk bangkit dari keterpurukan. Terpuruk dari hal apapun, yang pasti saat saya mengijinkan lagu ini untuk masuk ke telinga, saat itu juga saya mengijinkan diri saya sendiri untuk lebih relaks. Mecoba menenangkan pikiran yang sangat sangat mengganggu. Sedikit memberikan nafas untuk otak ini bisa bekerja lebih baik lagi. “SEMUA TENTANG KITA”.

Masih teringat jelas saat itu disebuah pantai kita berjalan berdua, dipagi hari yang cerah. Dimana matahari juga menyambut kita berdua, mengiri hari itu, hari kita. Memberikan efek bayangan diri kita berdua. Menemani kita yang sedang dudukditepi pantai menikmati segarnya udara pagi.
Angel, nama yang bagus. Sesuai dengan paras wajahmu yang berhasil memikat semua yang ada pada diriku untuk menjadi milikmu.

Minggu pagi itu aku masih ingat, pertama melihat raut wajahmu secara dekat. Hingga aku bisa melihat jelas beberapa kulit wajahmu yang menyatu dengan jerawat-jerawat kecil dihidungmu. Tapi itu tidak mengurangi sedikitpun pesona akan dirimu. Dan kamu masih tetap ada diposisi teratas. Setidaknya tidak akan pernah terdegradasi, atau bahkan turun kasta. Tidak, itu tidak akan pernah.
Perbincangan anak SMA yang gak jelas. Diselimuti dengan perasaan yang canggung, iya itu awal kita bertemu dan bisa sedekat itu. Hanya terpisahkan beberapa senti saat kamu duduk dibelakangku saat kita berboncengan berkeliling kota.

Jarak yang semakin dekat, hingga hanya dipisahkan sehelai kain antara kita berdua. Duduk dipantai berdua. Sebelumnya kita pernah bertemu, tapi kita hanya sekilas melihat satu sama lain. Bahkan kamu tidak pernah tahu aku. Hanya aku yang tahu kamu.

“Minggu ini free gak?” aku bertanya dengan penuh keraguan. Apa mungkin dia ada waktu ? sementara dia yang aku tahu selalu sibuk dengan jadwal sekolahnya yang begitu padat. Setidaknya saya harus mencoba bukan ?

“Aku gak tahu, liat nanti aja ya”. Jawaban yang sama seperti sebelum-sebelumnya. Hingga dia tidak harus bertanya ada apa, dia sudah tahu bahwa aku ingin mengajaknya keluar untuk jalan. Ya pegi jalan-jalan berdua.

“Yuk besok mau keluar ga ? mumpung aku lagi gak ada tugas” kata –kata yang sangat aku harapkan akhirnya muncul juga. Dan minggu itu juga kita jalan berkeliling kota dan duduk ditepi pantai.

Angel, memang orang yang sangat memperdulikan pendidikannya, dia ingin menjadi seorang Hakim bukan?. Tentunya harus belajar giat dan itu jadi salah satu alasan kenapa dia selalu sibuk dan mungkin tidak ada waktu untuk aku yang hanya temannya, iya teman dekat. Kalau dibilang teman biasa juga tidak mungkin. Tapi dibilang pacar juga sangat tidak mungkin. Tapi aku dan Angel selalu ada contact, selalu memberi kabar. Dan anehnya kita berdua akan merasa kesal saat tidak ada kabar satu sama lain. Mungkin ini cinta ? kita lanjutkan dulu ceritanya.


Minggu itu aku dan dia mungkin merasakan hal yang sama. Dimana rasa itu aku bisa merasakan, dentuman jantungnya yang tidak beraturan. Menunjukan kalau sedang dalam kondisi gugup. Entah gugup kenapa? Aku juga tidak tahu. Di alun-alun kota kita berjalan berdampingan, diantara kita berdua banyak sekali orang silir berganti sedang lari pagi. Tapi bagiku, mereka semua tidak ada. 

Hilang bersmaan dengan datangnya rasa gugup ini.
Disela perjalanan mengitari alun-alun kota. Tanganku sedikit bersentuhan dengan kulitnya. Satu kali, dua kali dan ketiga kalinya aku genggam dengan halus tangannya. Gugup dan takut, semua menjadi satu. Tapi seketika semua rasa itu hilang, karena celotehannya dia “Cie di gandeng”. Konyol sekali, saat aku kira dia marah atau bahkan apa juga aku tidak tahu. Ternyata dia memberikan respon yang konyol. Itu cara dia menerima genggaman erat tanganku. Dia bukan pacarku. Oke

Tapi aku yakin, perasaanku dengan dia “SAMA”. Tapi aku masih takutk mengungkapkan perasaan ini, takut dia berfikiran kalau cinta kenapa bisa secepat ini ?. tapi memang ini cinta, tidak pernah memperdulikan kapan kita bertemu, kapan kita bertatap muka. Bahkan kapan kita pernah saling berbicara.

“KAMU MAU JADI PACARKU?”

Itu kata-kata yang aku ucapkan, menuggu situasi yang tepat dan akurat.

Semua tentangmu tentangku Hanya harap .....Jauh ku jauh mimpiku Dengan inginku .......


-Boby-

Saturday, 11 October 2014

Monday, 6 October 2014

Mempunyai mimpi apapun itu boleh

Apa impian kalian ? tidak ada impian ? sebaiknya mulai sekarang kalia tentukan selagi kalian masih punya banyak waktu untuk mewujudkan mimpi-mimpi kalian. Jangan nanti saat tua kalian baru membuat sebuah mimpi, sebenarnya sih tua muda tidak masalah. Tapi apa impian kalian saat nanti menuju masa tua ?



Saya mempunyai banyak sekali impian. Dulu impian waktu kecil ingin jadi dokter, dan itu terjadi sampai saya duduk dibangku SMA. Sampai saya sadar kalau saya tidak memiliki kemampuan untuk menuju mimpi itu. Jadi saya putuskan untuk memilih impian yang lain. Sempat dulu saat guru BK memberikan tugas untuk menuliskan apa cita-cita kalian kelak. Dan saya mengisi pertanyaan yang ada dalam buku tersebut

Apa cita-cita kalian ?
“Saya ingin menjadi menteri Kesehatan”
Alasannya ?“Karena saya perihatin dengan keadaan Indonesia yang sekarang ini. Karena di indonesia Orang miskin dilarang sakit

Setelah saya tulis seperti itu, buku tersebut dikumpulkan menjadi satu oleh ketua kelas. Selanjutnya dikoreksi satu persatu oleh guru saya. Setelah itu dikembalikan dengan adanya tulisan tanggepan dari guru saya berbeda-beda.

“KALAU PUNYA CITA-CITA JANGAN KETINGGIAN, YANG RASIONAL SAJA”


Itu yang ada di buku saya. Sakit ? sangat sangat sakit. Apa salah saya punya cita-cita seperti itu ? apa memang tidak rasional ? apa memang ketinggian ? saya pernah dengar sebuah istilah dari negeri timur tengah 
“MAN JADDA WA JADDA”


Terima kasih, mungkin menurut guru saya itu semua tidak rasional dan terlalu tinggi. Tapi saya percaya, kalau saya mau berusaha dan ada niat pasti bisa. Benar bukan ?

Sekarang saya sedang menempuh pendidikan tinggi disebuah isntitusi negeri di Malang. Sebagai enginer, kelak lulusan dari prodi yang saya tempuh akan menjadi seorang guru Teknik Mesin. Tapi saya tidak hanya akan duduk diam meratapi apa yang akan terjadi. Mimpi saya selanjutnya saya ingin melanjutkan studi di Jepang melanjutkan studi untuk dapat gelar magister teknik.


Terus jadi menterinya bagaimana ? yang pasti saya akan berusaha. USAHA, NIAT dan IKHTIAR. Kalau Tuhan sudah berkehendak, apa yang tidak bisa terjadi di dunia ini ? bagiNya itu hanyalah hal mudah yang bisa saja terjadi. Man Jadda Wa Jadda !

Coba ini



Ini hanya kisah klasik, yang semua orang pernah merasakannya. Termasuk saya. Pernah atau masih ada dikegelapan ? hati serasa gelisah. Beban pikiran banyak sekali, padahal jika dalam keadaan free (bebas) saya hanya melakukan hal-hal kecil yang banyak orang lakukan. Misalnya ada didepan laptop berselancar didunia maya. Buka tutup tab browser, buka blog, sosmed, sedikit browsing mengenai tugas –tugas kuliah. Tapi jika saya ada dalam keadaan sibuk, misal saat kuliah. Melihat teman sedang mempresentasikan tugasnya. Seketika itu juga saya merasa tugas saya belum selesai. Saya melihat teman saya, dan merasakan bahwa tugas yang awalnya saya anggap selesai ternyata masih banyak kekurangan dibandingkan dengan apa yang teman saya presentasikan. Saya bukan orang yang gampang puas dengan hasil yang saya capai, ingin menjadi lebih baik dan lebih baik lagi daripada orang lain. Ini bukannya iri atau apalah, tapi ini merupakan suatu perasaan ingin menjadi lebih baik dan lebih baik. Apakah salah ? tidak, ini bahkan jauh lebih positif daripada orang yang cepat puas dengan apa yang telah dicapai. Jadi tidak akan ada perkembangan yang pesat, karena hanya itu-itu saja target yang akan ada dikepalanya.

Setelah sampai ditempat kos, saya langsung membuka laptop sekedar untuk melihat tugas. Apakah perlu penambahan lagi atau tidak. Jika perlu maka pikiran dan semua indera yang ada pada diri saya mulai membagi tugas untuk memilah apa yang perlu ditambahkan. Di jaman modern seperti sekarang ini banyak sekali hal yang tidak pernah kita ketahui dengan mudahnya bisa terjawab semua pertanyaan kita dengan internet. Tergantung siapa yang menggunakannya, kalau dia pandai mengoperasikan pasti dia dengan mudahnya menemukan apa yang dia cari hanya dengan duduk santai didepan layar laptop. Tentunya harus ada koneksi internetnya juga ya hihihi. Kalau tidak ada ya sama saja bohong, karena browser yang anda buka juga tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Contoh, sekarang saya sedang ada tugas yang sedari satu minggu lalu mulai saya kerjakan. Apa stepnya ? ini :

1.      Mencari referensi buku di perpustakaan
Mencari buku yang sedemikian banyaknya, yang tersusun rapi diatas rak-rak buku tidak semudah mencari upil di hidung. Meskipun sudah didukung dengan perkembangan IT, dimana kita hanya perlu memasukkan nama pengarang, judul buku yang kita inginkan. Tidak langusng kita bisa menemukkan apa yang kita cari. Terkadang judulnya ada, tapi isi dari buku tersebut tidak ada kaitannya dengan apa yang kita cari. jadi harus banyak mengambil buku untuk dibaca dan dilihat apa isi dari buku –buku itu.
2.      Mulai Mengerjakan bertahap
Saya bukan tipikal orang yang senang mengerjakan tugas jika sudah mendekati hari H. Saya tipikal orang yang tidak senang memiliki banyak beban, jika bisa diselesaikan lebih cepat, kenapa tidak ?. jadi saya selalu mengerjakan tugas-tugas itu langsung setelah tugas itu diberikan. Setidaknya mengetahui dulu apakah sumber-sumber referensi yang kita inginkan itu ada atau tidak. Tapi anehnya banyak teman saya yang senang sekali jika mengerjakan tugas mendekati hari H. Ya entahlah, mungkin setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Dan saya tipe orang yang tidak senang bekerja dalam keadaan tertekan.
3.      Menyusun dan merapikan
Setelah mengerjakan bertahap, saya menjadikan satu semua tugas yang sebelumnya saya kerjakan perpoint. Jadi dalam step ini hanya menyusun dan merapikan. Mengevaluasi apakah masih ada kekurangan. Jika ada maka harus ada pembenahan dengan mencari referensi lain.

Ya seperti itu lah saya. Kuliah memang berat, tidak se enjoy yang kita lihat dalam sinetron. Kalian bebas memakai kaos atau rok mini. Dikampus saya itu semua tidak diperbolehkan, karena kurang sopan dan hanya menimbulkan kemudhorotan *eaakkkk

Terima kasih sudah berkenan membaca tulisan yang ala kadarnya ini. Semoga ada manfaatnya heehehee

Wednesday, 1 October 2014

Akhirnya kabar gembira untuk kita semua



Seharian nyari ini tugas :') baru nemu setelah 8 jam mencari dan ini gue dapat dari http://tehnikmesinindustri.blogspot.com/2010/06/worm-gear.html
PENGERTIAN DAN SIFAT
Roda gigi cacing adalah jenis roda gigi yang terdiri dari 1 atau lebih gigi dengan bentuk menyerupai sekrup. Biasanya dibuat bersama dengan pasangannya, pasangan roda gigi cacing sering disebut pinion/poros cacing.
Secara fisik, roda gigi cacing memiliki cekungan di tiap giginya. Cekungan ini bertujuan mengubah titik kontak antara roda gigi dengan pinion/poros cacing yang biasanya berupa titik, menjadi berupa garis. Sehingga kontak yang terjadi menjadi lebih lama, dan dapat menghasilkan media transmisi daya tinggi.
Poros cacing dan roda gigi memiliki perbandingan rasio yang besar. Sebagai contoh, roda gigi heliks biasanya terbatas pada rasio gigi kurang dari 10:1, sementara roda gigi cacing memiliki variasi rasio dari 10:1 ke 500:1. Kerugian dari pasangan roda gigi cacing adalah rendahnya efisiensi karena perbandingan rasio yang cukup besar.
Roda gigi cacing termasuk kedalam jenis helical gear, namun memiliki sudut yang agak besar (hampir 90 derajat) dan ukurannya biasanya cukup panjang dalam arah aksial dan oleh karena itu bentuknya menyerupai sekrup. Perbedaan antara roda gigi cacing dan roda gigi heliks adalah roda gigi cacing dibuat sekurang-kurangnya satu gigi berlangsung selama satu putaran penuh mengelilingi heliks. Sebuah roda gigi cacing memungkinkan untuk memiliki satu gigi saja. Pada roda gigi cacing terlihat seperti memiliki banyak gigi, namun sebenarnya hanya satu satu gigi saja namun mengelilingi poros tersebut seperti ulir. Sekrup yang memiliki satu awalan saja disebut ulir tunggal. Sedangkan yang memilki lebih dari satu awalan disebut ulir majemuk. Sudut heliks cacing biasanya tidak ditentukan.

http://1.bp.blogspot.com/_uRRZz2bDHxs/TCLhVlKCR5I/AAAAAAAAAGU/djp64Kc3gTg/s320/images.jpg


Dalam pasangan roda gigi cacing, pergerakan hanya mungkin dilakukan oleh poros cacing saja. Di sini roda gigi tidak mungkin untuk memutar poros cacing. Terutama jika sudut lead-nya kecil, roda gigi mungkin hanya mengunci terhadap poros cacing, karena komponen gaya keliling ke cacing tidak cukup untuk mengatasi gesekan. Pasangan roda gigi cacing yang melakukan penguncian diri disebut self locking, yang merupakan sebuah keuntungan dari penggunaan pasangan roda gigi ini, misalnya ketika diinginkan untuk mengatur posisi suatu mekanisme dengan memutar poros cacing dan kemudian memiliki mekanisme menahan posisi tersebut. Contohnya adalah pengatur senar pada gitar.
Hal ini menjadi unik karena hanya terjadi pada mekanisme roda gigi cacing, dimana poros cacing dapat dengan mudah memutar worm gear, namun worm gear tidak dapat memutar poros cacing. Hal ini disebabkan oleh kecilnya sudut roda gigi cacing sehingga saat worm gear diputar, justru terjadi self locking.
Jika gigi pada pasangan roda gigi cacing, roda gigi heliks biasa hanya satu titik kontak. Jika media transmisi daya tinggi diinginkan, bentuk gigi dari gigi harus dimodifikasi untuk mencapai titik kontak yang lebih banyak dengan membuat kedua gigi sebagian menyelimuti satu sama lain. Hal ini dilakukan dengan membuat kedua cekung dan bergabung dengan mereka pada titik pelana; hal ini disebut cone-drive.
Macam-macam roda gigi cacing:
1. Non Throated Worm Gear → helical gear tanpa ada cekungan pada pasangan kedua roda gigi.
2. Single Throated Worm Gear → cekungan terdapat hanya pada roda gigi.
3. Double Throated Worm Gear → cekungan terdapat pada roda gigi cacing dan poros cacing.
Secara umum, worm gear berfungsi untuk mengurangi kecepatan (memperhalus gerakan). Efisiensi worm gear tergantung pada lead angle, kecepatan putaran, pelumasan, kualitas permukaan, dan prosedur pemasangan/perakitan.

A. CARA PEMBUATAN
Worm Gear seperti yang telah diketahui sebelumnya, terdiri dari 2 bagian yaitu roda gigi dan poros cacing.
Dalam pembuatan roda gigi dapat dilakukan dengan menggunakan hobbing machine seperti dalam pembuatan roda gigi pada biasanya. Sedangkan dalam pembuatan poros cacing dapat dilakukan dengan menggunakan mesin bubut maupun mesin CNC.
Yang harus diperhatikan dalam pembuatan pasangan roda gigi cacing :
1. poros cacing harus memiliki satu center sepanjang poros tersebut (konsentris).
2. kedua modul (pitch) roda gigi harus sama. Jika tidak sama, maka kedua roda gigi tidak akan bias dipasangkan.
3. jumlah kedua sudut helik roda gigi harus 90°, supaya sumbu kedua roda gigi saling tegak lurus.
4. tentukan rasio sebelum membuat roda gigi.
Rasio : Perbandingan antara kecepatan sudut ωa atau angka putaran na dari roda pemutar dan kecepatan sudut ωb atau angka putaran nb dari roda gigi terputar.
Rasio (i) :
http://tazziemania.files.wordpress.com/2010/03/142.jpg?w=165&h=68



B. APLIKASI

Berikut adalah macam-macam penggunaan pasangan roda gigi cacing.
1. Penggunaan dalam permesinan. Karena pasangan roda gigi ini memiliki yang khusus yaitu self locking dan rasio pasangan yang besar, maka pasangan roda gigi ini sangat cocok untuk pengerjaan permesinan yang presisi. Contoh dari fungsi ini adalah pada kepala pembagi (indexing head).
2. Penggunaan dalam peralatan tambang dan konstruksi. Pasangan roda gigi cacing sangat cocok digunakan dalam pekerjaan yang membutuhkan kapasitas tenaga putaran yang tinggi dan daya tahan terhadap guncangan . contohnya adalah penggunaan feeder breaker dalam proses penambangan.
3. Penggunaan dalam percetakan dan pengepakan. Dalam penggunaan rol mesin cetak, pasangan roda gigi cacing membantu pengerjaan dalam kecepatan tinggi karena sifat presisinya dalam kemampuanya menahan guncangan.
4. Proses pengolahan kertas dan plastic. Pasangan roda gigi ini mampu digunakan pada tenaga putaran tinggi dengan gerakan yang berkesinambungan.